Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Materi Gangguan Pernapasan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101775 Sampali

Bangun, Emmita Founda (2025) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Materi Gangguan Pernapasan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111076_Cover.pdf] Text
1213111076_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 1213111076_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111076_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of 1213111076_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111076_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1213111076_Abstrak.pdf] Text
1213111076_Abstrak.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1213111076_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111076_Daftar_Isi.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 1213111076_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111076_Daftar_Tabel.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 1213111076_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111076_Daftar_Gambar.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1213111076_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111076_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1213111076_BAB_I.pdf] Text
1213111076_BAB_I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 1213111076_BAB_II.pdf] Text
1213111076_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[thumbnail of 1213111076_BAB_III.pdf] Text
1213111076_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[thumbnail of 1213111076_BAB_IV.pdf] Text
1213111076_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[thumbnail of 1213111076_BAB_V.pdf] Text
1213111076_BAB_V.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1213111076_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111076_Daftar_Pustaka.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1213111076_Lampiran.pdf] Text
1213111076_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Materi Gangguan Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B yang berjumlah 52 orang siswa yang diambil dengan menggunakan sampel total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen nyata. Kemudian penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen (Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament) dan kelas kontrol (model STAD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar SD Negeri 101775 Sampali pada pembelajaran gangguan pernapasan manusia dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian temuan peneliti tersebut, disarankan bagi guru untuk menggunakan model model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran gangguan pernapasan manusia pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Materi Gangguan Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101775 Sampali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Gangguan pernafasan; Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
R Medicine > RC Internal medicine > RC581 Specialties of internal medicine > RC705 Diseases of the respiratory system
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:28
Last Modified: 08 Jul 2025 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63209

Actions (login required)

View Item
View Item