Aziz, M. Hamim (2024) Hubungan Antara Aktivitas Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Teknik Mesin (DDTM) Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5173121016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Cover.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 5173121016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (332kB)
![[thumbnail of 5173121016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 5173121016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Abstrak.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 5173121016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Daftar_Isi.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 5173121016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 5173121016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Daftar_Gambar.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 5173121016_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 5173121016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_BAB_I.pdf
Download (408kB)
![[thumbnail of 5173121016_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
![[thumbnail of 5173121016_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (854kB)
![[thumbnail of 5173121016_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (892kB)
![[thumbnail of 5173121016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_BAB_V.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 5173121016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 5173121016_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan adalah proses sistematis untuk mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh, meliputi aspek rohani, keagamaan, kedisiplinan, budi pekerti, kecerdasan, dan kemampuan lainnya. Belajar adalah proses kunci yang
memungkinkan individu beradaptasi dengan lingkungannya dan mengubah perilaku melalui interaksi dengan lingkungan. Hasil belajar mencerminkan perubahan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti aktivitas belajar dan efikasi diri. Studi ini meneliti hubungan antara aktivitas belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin di SMK N 1 Lubuk Pakam, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih perlu ditingkatkan, dengan sejumlah siswa belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Metode ini memungkinkan peneliti untuk menentukan apakah ada hubungan antara variabel-variabel yang diteliti serta seberapa kuat hubungannya. Penelitian ini berfokus pada pengumpulan data berupa angka yang kemudian dianalisis menggunakan metode statistik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan siswa TP 1 berjumlah 36 responden.
Penelitian ini menemukan bahwa aktivitas belajar dan efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin. Analisis regresi
menunjukkan bahwa aktivitas belajar memiliki koefisien korelasi sebesar 0,581 dengan persamaan regresi Ŷ = 24,626 + 0,585 X1. Sementara itu, efikasi diri memiliki koefisien korelasi sebesar 0,542 dengan persamaan regresi Ŷ = 26,588 +
0,594 X2. Gabungan aktivitas belajar dan efikasi diri juga signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,456 pada persamaan regresi Ŷ = -1,176 + 0,440X1 + 0,409X2. Dengan demikian, variabel-variabel ini memiliki peran penting dalam
menentukan pencapaian siswa dalam mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, memberikan landasan untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan peningkatan efikasi diri siswa di masa yang
akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | aktifitas belajar; efikasi diri; hasil belajar; dasar-dasar teknik mesin |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63206 |