Lestari, Dinda (2025) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111058_Cover.pdf
Download (90kB)
1201111058_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (811kB)
1201111058_Kata_Pengantar.pdf
Download (208kB)
1201111058_Abstrak.pdf
Download (110kB)
1201111058_Daftar_Isi.pdf
Download (146kB)
1201111058_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
1201111058_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
1201111058_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1201111058_BAB_I.pdf
Download (315kB)
1201111058_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (609kB)
1201111058_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (592kB)
1201111058_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (646kB)
1201111058_BAB_V.pdf
Download (174kB)
1201111058_Daftar_Pustaka.pdf
Download (268kB)
1201111058_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan Quasi Eksperimen Desaign. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas Kontrol dan kelas V-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa di kelas eksperimen yaitu 31,14 dan nilai rata-rata posttest 80,23. Sedangkan rata-rata pretest siswa di kelas kontrol yaitu 33,64 dan nilai rata-rata posttest 71,36. Berdasarkan uji t-test di peroleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan perbedaan pengaruh signifikan dalam penggunaan metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS. Dengan kata lain, metode Outdoor Learning memiliki signifikan yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvesional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Outdoor Learning; Hasil belajarIPA; Metode pembelajaran |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:34 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 08:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63194 |
