PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII DI SMP N 2 SECANGGANG

Tarihoran, Ester Yuni Tiurma (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII DI SMP N 2 SECANGGANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351019_Cover.pdf] Text
4203351019_Cover.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4203351019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4203351019_Abstrak.pdf] Text
4203351019_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4203351019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351019_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4203351019_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351019_Daftar_Isi.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4203351019_BAB_I.pdf] Text
4203351019_BAB_I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4203351019_BAB_II.pdf] Text
4203351019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of 4203351019_BAB_III.pdf] Text
4203351019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[thumbnail of 4203351019_BAB_IV.pdf] Text
4203351019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[thumbnail of 4203351019_BAB_V.pdf] Text
4203351019_BAB_V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4203351019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4203351019_Lampiran.pdf] Text
4203351019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Two Group Pre-test-Post-test Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VIII-1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PjBL dan VIII-3 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Data rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 35,167 dan 86,00 dan pada kelas kontrol 35,00 dan 65,00. Data rata-rata pre-test dan postest keterampilan proses sains pada kelas eksperimen adalah 26,66 dan 81,1667 dan pada kelas kontrol 25,33 dan 71,33 Data dianalisis dengan menggunakan Paired Sampel t-Test dan Independent Sample t-Test menggunakan SPSS Versi 29. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan terjadi pada hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran PjBL dibandingkan dengan kelas kontrol (0,001 > 0,05) Dari data pre-test dan postest di simpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (86,00) dengan penerapan PjBL lebih tinggi daripada kelas kontrol (65, 00) Rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen (81, 1667) dengan penerapan PjBL lebih tinggi daripada kelas kontrol (71,33). Pada korelasi antara hasil belajar dan keterampilan proses sains, diperoleh 0,001 < 0, 05. Artinya, Ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan keterampilan proses sains dengan koefisien (r) sebesar 0,479 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.1 Tar p
Keywords: Keterampilan proses sains; Project based learning; Hasil belajar; Sistem peredaran darah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:35
Last Modified: 07 Jul 2025 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63179

Actions (login required)

View Item
View Item