PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Surbakti, Emiya Salsalina Br. (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351032_Cover.pdf] Text
4203351032_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4203351032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 4203351032_Abstrak.pdf] Text
4203351032_Abstrak.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 4203351032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351032_Kata_Pengantar.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4203351032_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351032_Daftar_Isi.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 4203351032_BAB_I.pdf] Text
4203351032_BAB_I.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 4203351032_BAB_II.pdf] Text
4203351032_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[thumbnail of 4203351032_BAB_III.pdf] Text
4203351032_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of 4203351032_BAB_IV.pdf] Text
4203351032_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[thumbnail of 4203351032_BAB_V.pdf] Text
4203351032_BAB_V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4203351032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 4203351032_Lampiran.pdf] Text
4203351032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan (2) Untuk mengetahui Aspek kompetensi yang ditingkatkan melalui model Problem based learning berbantuan modul. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VII-2 sebanyak 27 orang dan VII-3 sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil tes kemampuan literasi sains. Data dianalisis secara kuantitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup, (2) aspek yang ditingkatkan melalui model problem based learning berbantuan modul adalah aspek ”menjelaskan fenomena secara ilmiah”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 570.72 Sur p
Keywords: Problem based learning; Literasi sains; Klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:14
Last Modified: 07 Jul 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63176

Actions (login required)

View Item
View Item