Nababan, daniel Surya Bakti (2025) Pengaruh Penggunaan media pembelajaran digital terhadap hasil belajar siswa pada materi Letak Geografis Indonesia di kelas V SDN 064027 Medan Polonia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1212411034_Cover.pdf
Download (65kB)
1212411034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1212411034_Kata_Pengantar.pdf
Download (194kB)
1212411034_Abstrak.pdf
Download (124kB)
1212411034_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
1212411034_Daftar_Tabel.pdf
Download (38kB)
1212411034_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1212411034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
1212411034_BAB_I.pdf
Download (288kB)
1212411034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1212411034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
1212411034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
1212411034_BAB_V.pdf
Download (129kB)
1212411034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (197kB)
1212411034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum maksimal menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS yang bervariasi dan masih menerapkan media pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media
pembelajaran digital pada materi Letak Geografis Indonesia di kelas V SD Negeri 064027 Medan Polonia T.A 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064027Medan Polonia menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Pre
Eksperiment menggunakan One-Group Pre-test – Post-test Design, yaitu jenis penelitian pada satu kelompok subjek diberikan intervensi atau perlakuan. Subjek penelitian ini 34 siswa, diantaranya 16 siswa Perempuan dan 18 siswa laki laki. Objek penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Letak Geografis Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran digital. Data dikumpulkan melalui instrument tes berupa soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal. Hasil perhitungan melalui tes menunjukkan p(sig(2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai p < 0.05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh penggunaan media pembelajaran digital pada mata pelajaran IPAS materi Letak Geografis Indonesia di SD Negeri 064027 Medan Polonia T.A 2024/2025 terhadap hasil belajar siswa. Dengan hasil rata-rata pre-test 66.18 meningkat pada hasil rata rata post-test 81,18.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Materi geografi |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:57 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 04:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63173 |
