Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Literasi IPA Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas V Di Sd Swasta Methodist Kuala T.A 2024/2025

Sebayang, Clara Efli (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Literasi IPA Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas V Di Sd Swasta Methodist Kuala T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311054_Cover.pdf] Text
1203311054_Cover.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 1203311054_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311054_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 1203311054_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311054_Kata_Pengantar.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1203311054_Abstrak.pdf] Text
1203311054_Abstrak.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1203311054_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311054_Daftar_Isi.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203311054_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311054_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203311054_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311054_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203311054_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311054_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203311054_BAB_I.pdf] Text
1203311054_BAB_I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1203311054_BAB_II.pdf] Text
1203311054_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[thumbnail of 1203311054_BAB_III.pdf] Text
1203311054_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[thumbnail of 1203311054_BAB_IV.pdf] Text
1203311054_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[thumbnail of 1203311054_BAB_V.pdf] Text
1203311054_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203311054_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311054_Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1203311054_Lampiran.pdf] Text
1203311054_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran discovery terhadap literasi IPA siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Swasta Methodist Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan signifikan pada literasi IPA siswa setelah diterapkan metode pembelajaran discovery, dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test (78,71) yang lebih tinggi dari pre-test (50,32) dan hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Perhitungan N-Gain menunjukkan 8 siswa mengalami peningkatan tinggi dan 23 siswa mengalami peningkatan sedang, mengindikasikan bahwa metode pembelajaran discovery efektif dalam meningkatkan literasi IPA siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi; Metode pemebelajaran; Suswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:46
Last Modified: 07 Jul 2025 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63172

Actions (login required)

View Item
View Item