Artika, Yuli (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 020271 BINJAI TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113070 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108113070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
108113070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
108113070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108113070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108113070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108113070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108113070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108113070 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
108113070 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108113070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar IPS disebabkan penggunaan model pembelajaran kurang tepat, siswa tidak mampu mengemukakan pendapat pada saat proses belajar mengajar berlangsung karena metode pembelajaran kurang variatif, siswa lebih banyak pasif dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan terlalu monoton. Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif index card match pada pelajaran IPS dengan pokok bahasan perjuangan melawan penjajahandi kelas V SDNegeri 020271 Binjai Timur.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 020271 Binjai Timur yang berjumlah 24 orang.Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan.Alat penumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket.Tahapan yang dilakukan dari awal sampai selesai adalah dengan melakukan observasi pada saat siklus I dan siklus II. Dari hasil observasi tersebut terdapat peningkatan angka pada setiap siklus.Pada siklus I dilakukan observasi terhadap siswa kelas V berjumlah 24 orang. Siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Kurang terdapat 10 orang (41,67%); siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Cukup terdapat 7 orang (29,17%); siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Baik hanya 5 orang (20,83%); siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Sangat Baik hanya 2 orang (8,33%). Setelah dilakukan siklus I terdapat peningkatan di siklus II dari 24 orang siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Kurang hanya 2 orang (8,33%); siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Cukup hanya 3 orang (12,5%); siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Baik terdapat 8 orang (20,83%); siswa yang memiliki motivasi dengan kriteria Sangat Baik terdapat 11 orang (45,84%). Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa akan meningkat jika diterapkan model pembelajaran kooperatif Index Card Match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan di kelas V Sd Negeri 020271 Binjai Timur.Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran kooperatif Index Card Match dalam proses belajar mengajar khususnya pada pokok bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Art u |
Keywords: | Motivasi Belajar; IPS; Pembelajaran Kooperatif Index Card Match |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6317 |