Pengaruh Model Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Pancasila Di Kelas IV SDN 106163 Bandar Klippa

Sirait, Cindy (2025) Pengaruh Model Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Pancasila Di Kelas IV SDN 106163 Bandar Klippa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1212411020_Cover.pdf] Text
1212411020_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1212411020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1212411020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 1212411020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1212411020_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1212411020_Abstrak.pdf] Text
1212411020_Abstrak.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1212411020_Daftar_Isi.pdf] Text
1212411020_Daftar_Isi.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1212411020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1212411020_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1212411020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1212411020_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1212411020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1212411020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1212411020_BAB_I.pdf] Text
1212411020_BAB_I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 1212411020_BAB_II.pdf] Text
1212411020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[thumbnail of 1212411020_BAB_III.pdf] Text
1212411020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[thumbnail of 1212411020_BAB_IV.pdf] Text
1212411020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[thumbnail of 1212411020_BAB_V.pdf] Text
1212411020_BAB_V.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1212411020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1212411020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1212411020_Lampiran.pdf] Text
1212411020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang bervariasi dan masih menerapkan model pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh menggunakan model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solusition Posing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106163 Bandar Klippa menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain pre Eksperiment menggunakan One-Group-Pretest-Postest, yaitu Jenis penelitian pada satu kelompok sujek diberikan intervensi atau perlakuan. Subjek penelitian ini 22 siswa, diantaranya laki-laki 10 siswa dan perempuan 12 siswa. Objek penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing. Data dikumpulkan melalui instrument test berupa soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal. Hasil perhitungan melalui tes menunjukkan p (sig(2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai p < 0.05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh model Problem Posing Tipe Pre- Solution Posing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila Dalam Diriku dengan Topik Makna Sila-Sila Pancasila dan sikap perilaku yang mencerminkan pengalaman Pancasila kelas IV di SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025 terhadap hasil belajar Siswa. Dengan hasil rata-rata pre-test 53.64 meningkat pada hasil rata-rata post-test 79.77.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar siswa; Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:23
Last Modified: 07 Jul 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63163

Actions (login required)

View Item
View Item