Sirait, Cindy (2025) Pengaruh Model Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Pancasila Di Kelas IV SDN 106163 Bandar Klippa. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1212411020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Cover.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1212411020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (386kB)
![[thumbnail of 1212411020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
![[thumbnail of 1212411020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Abstrak.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 1212411020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Daftar_Isi.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 1212411020_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 1212411020_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
![[thumbnail of 1212411020_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 1212411020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_BAB_I.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of 1212411020_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (748kB)
![[thumbnail of 1212411020_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (659kB)
![[thumbnail of 1212411020_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (704kB)
![[thumbnail of 1212411020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_BAB_V.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1212411020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1212411020_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang bervariasi dan masih menerapkan model pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh menggunakan model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solusition Posing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106163 Bandar Klippa menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain pre Eksperiment menggunakan One-Group-Pretest-Postest, yaitu Jenis penelitian pada satu kelompok sujek diberikan intervensi atau perlakuan. Subjek penelitian ini 22 siswa, diantaranya laki-laki 10 siswa dan perempuan 12 siswa. Objek penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing. Data dikumpulkan melalui instrument test berupa soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal. Hasil perhitungan melalui tes menunjukkan p (sig(2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai p < 0.05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh model Problem Posing Tipe Pre- Solution Posing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila Dalam Diriku dengan Topik Makna Sila-Sila Pancasila dan sikap perilaku yang mencerminkan pengalaman Pancasila kelas IV di SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025 terhadap hasil belajar Siswa. Dengan hasil rata-rata pre-test 53.64 meningkat pada hasil rata-rata post-test 79.77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar siswa; Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:23 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63163 |