Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Di Sd Negeri 173174 Aeknauli T.A 2024/2025.

Silitonga, Christopel (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Di Sd Negeri 173174 Aeknauli T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111146_Cover.pdf] Text
1213111146_Cover.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 1213111146_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111146_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of 1213111146_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111146_Kata_Pengantar.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 1213111146_Abstrak.pdf] Text
1213111146_Abstrak.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 1213111146_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111146_Daftar_Isi.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of 1213111146_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111146_Daftar_Tabel.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 1213111146_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111146_Daftar_Gambar.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 1213111146_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111146_Daftar_Lampiran.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 1213111146_BAB_I.pdf] Text
1213111146_BAB_I.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 1213111146_BAB_II.pdf] Text
1213111146_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111146_BAB_III.pdf] Text
1213111146_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111146_BAB_IV.pdf] Text
1213111146_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111146_BAB_V.pdf] Text
1213111146_BAB_V.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 1213111146_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111146_Daftar_Pustaka.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 1213111146_Lampiran.pdf] Text
1213111146_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 173174 Aeknauli pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 173174 Aeknauli pada semester genap T.A 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pre-eksperimen dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian ini melibatkan satu kelompok sampel, yaitu kelas V yang terdiri dari 30 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikansi 0,001, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0,05 (0,001 < 0,05). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar IPA; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:21
Last Modified: 07 Jul 2025 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63161

Actions (login required)

View Item
View Item