Pembelajaran Drum Pada Anak Down Syndrom Di Sekolah Musik Avia Cantata Medan

Syahbana, Alvin (2024) Pembelajaran Drum Pada Anak Down Syndrom Di Sekolah Musik Avia Cantata Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2173342003_Cover.pdf] Text
2173342003_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2173342003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2173342003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 2173342003_Abstrak.pdf] Text
2173342003_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 2173342003_Kata_Pengantar.pdf] Text
2173342003_Kata_Pengantar.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 2173342003_Daftar_Isi.pdf] Text
2173342003_Daftar_Isi.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 2173342003_BAB_I.pdf] Text
2173342003_BAB_I.pdf

Download (966kB)
[thumbnail of 2173342003_BAB_II.pdf] Text
2173342003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2173342003_BAB_III.pdf] Text
2173342003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of 2173342003_BAB_IV.pdf] Text
2173342003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2173342003_BAB_V.pdf] Text
2173342003_BAB_V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 2173342003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2173342003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 2173342003_Lampiran.pdf] Text
2173342003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran drum pada anak down
syndrome di sekolah musik Avia Cantata, kemampuan anak down syndrome pada
pembelajaran drum di sekolah musik Avia Cantata, dan kendala yang dialami anak
down syndrome pada pembelajaran drum di sekolah musik Avia Cantata. Teori yang
digunakan adalah teori pembelajaran, teori metode pembelajaran, teori materi
pembelajaran, teori media pembelajaran, teori kemampuan pembelajaran, teori kendala
dalam pembelajaran, teori drum, teori down syndrome, dan teori anak berkebutuhan
khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi
penelitian ini adalah Sekolah Musik Avia Cantata yang beralamat di Jl Setia Budi No.
43 Tanjung Sari, Tj Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian
ini adalah: Pelaksanaan pembelajaran drum pada anak down syndrome dilakukan
dengan dua sesi pembelajaran yakni sesi mengajarkan materi dan sesi mempraktekkan
materi dengan membimbing anak memainkan materi ritme secara perlahan-lahan.
Terdapat 3 anak yang dikategorikan mampu, dan 2 anak yang dikategorikan kurang
mampu. Hal ini karena terdapat 3 anak yang mampu memainkan materi sesuai indikator
kemampuan belajar yakni memainkan materi beat dasar, dan ritme transisi (fill-in), dan
2 anak hanya memainkan salah satu dari indikator tersebut. Kendala dalam
pembelajaran drum pada anak dow syndrome di Sekolah Musik Avia Cantata adalah
fokus anak gampang pecah karena anak gampang teralihkan perhatiannya pada hal-hal
yang sepele. Anak juga sering mengalami perubahan mood ketika belajar dan menolak
memainkan materi yang akan diberikan, hanya karena siswa tersebut ingin memainkan
lagu yang sesuai kemauan dirinya saja, dan ada juga anak yang hanya ingin lagu yang
dimainkan adalah lagu yang telah ia pelajari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran; Drum; Down Syndrome
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:19
Last Modified: 07 Jul 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63160

Actions (login required)

View Item
View Item