Analisis Miskonsepsi Siswa dengan Metode Two-Tier Multiple Choice Test pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan Tembung

Simatupang, Asisi Febrina (2025) Analisis Miskonsepsi Siswa dengan Metode Two-Tier Multiple Choice Test pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan Tembung. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111035_Cover.pdf] Text
1213111035_Cover.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1213111035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 1213111035_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111035_Kata_Pengantar.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 1213111035_Abstrak.pdf] Text
1213111035_Abstrak.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 1213111035_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111035_Daftar_Isi.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 1213111035_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111035_Daftar_Tabel.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1213111035_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111035_Daftar_Gambar.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1213111035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1213111035_BAB_I.pdf] Text
1213111035_BAB_I.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of 1213111035_BAB_II.pdf] Text
1213111035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[thumbnail of 1213111035_BAB_III.pdf] Text
1213111035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[thumbnail of 1213111035_BAB_IV.pdf] Text
1213111035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111035_BAB_V.pdf] Text
1213111035_BAB_V.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of 1213111035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 1213111035_Lampiran.pdf] Text
1213111035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan Tembung tahun ajaran 2024/2025 pada materi sistem pencernaan manusia dengan metode Two-Tier Multiple Choice Test. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa sebesar 26%, tingkat miskonsepsi sebesar 47%, dan siswa yang tidak memahami konsep sebesar 27%. Miskonsepsi paling tinggi terdapat pada konsep proses pencernaan mekanik dan kimiawi, serta peran enzim dalam sistem pencernaan. Temuan ini menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan pemahaman yang signifikan di kalangan siswa, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis konsep untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sistem penceraan manusia; Pembelajaran IPA; Anak SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
R Medicine > RC Internal medicine > RC581 Specialties of internal medicine > RC799 Diseases of the digestive system. Gastroenterology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:23
Last Modified: 04 Jul 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63147

Actions (login required)

View Item
View Item