Nica, Anggi Rica (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 067240 Medan T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1183111149_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Cover.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1183111149_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (363kB)
![[thumbnail of 1183111149_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Kata_Pengantar.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of 1183111149_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Abstrak.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 1183111149_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 1183111149_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1183111149_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1183111149_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 1183111149_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_BAB_I.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 1183111149_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (760kB)
![[thumbnail of 1183111149_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
![[thumbnail of 1183111149_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
![[thumbnail of 1183111149_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_BAB_V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1183111149_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 1183111149_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183111149_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas IV SDN 067240 Medan T.A 2024/2025. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experimental Design
dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas lV-B berjumlah 13 orang siswa sebagai kelas
eksprimen dan siswa kelas V-B berjumlah 12 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode statistic Uji-t. Hasil
analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar dengan menggunakan
model pembelajaran Two Stay Two Stray pada kelas eksperimen yaitu 86,15
sedangkan rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran
Two Stay Two Stray pada kelas kontrol yaitu 63,75.Adapun hasil uji normalitas
data pre-test dengan ketentuan jika hasil uji > sig 0,05, pre-test pada kelas
eksperimen 0,874 > 0,050 dan pada kelas kontrol 0,568 > 0,050 sedangkan data
post-test pada kelas eksperimen 0,508 > 0,050 dan pada kelas kontrol 0,487 >
0,050. Hasil uji homogenitas data penelitian, dikatahui bahwa data penelitian
berasal dari sampel-sampel yang homogen dengan perolehan nilai uji
homogenitas 0,807 atau lebih besar dari 0,05 (0,807 > 0,05). Data dianalisis
dengan uji hipotesis menggunakan uji-T independent sample t-test dengan taraf
signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 - 2 = 13 + 12 - 2 = 23.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel sebesar 1,713, artinya thitung > ttabel (
6,580 > 1,713) atau H0 ditolak dan Ha diterima Sehingga dapat dinyatakan bahwa
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model
pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas IV SDN 067240 Medan T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Model pemebelajaran; IPA untuk kelas IV SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63136 |