PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 4 KABANJAHE

Sembiring, Berna Dettha Br. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 4 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351017_Cover.pdf] Text
4203351017_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4203351017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4203351017_Abstrak.pdf] Text
4203351017_Abstrak.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203351017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351017_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4203351017_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351017_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4203351017_BAB_I.pdf] Text
4203351017_BAB_I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4203351017_BAB_II.pdf] Text
4203351017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of 4203351017_BAB_III.pdf] Text
4203351017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of 4203351017_BAB_IV.pdf] Text
4203351017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of 4203351017_BAB_V.pdf] Text
4203351017_BAB_V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4203351017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4203351017_Lampiran.pdf] Text
4203351017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual, dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain grub two- group pretest- postest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan IX-2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian adalah tes pilihan ganda yang telah di uji validasi soal tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak, uji t satu pihak, dan uji normalitas- gain (N- Gain). Hasil belajar siswa di kelas eksperimen memproleh peningkatan dari rata- rata 32,42 menjadi 76,21 dan di Kelas Kontrol dari 31,97 menjadi 66,97. Berdasarkan uji kesamaan rata- rata pretest diproleh bahwa kemampuan kedua kelas sama. Pengujian data postest dengan uji t satu pihak, taraf signifikan 0,05 diproleh daerah penerimaan Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai persentse N- Gain di kelas eksperimen diproleh 64,01% (kategori sedang), maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa menggunakan media, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537 Sem p
Keywords: Inkuiri terbimbing; Audio visual; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan alam; Listrik statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:32
Last Modified: 03 Jul 2025 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63135

Actions (login required)

View Item
View Item