Sembiring, Berna Dettha Br. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 4 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203351017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Cover.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 4203351017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 4203351017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Abstrak.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 4203351017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 4203351017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Daftar_Isi.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 4203351017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_BAB_I.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4203351017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (327kB)
![[thumbnail of 4203351017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
![[thumbnail of 4203351017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
![[thumbnail of 4203351017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_BAB_V.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 4203351017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of 4203351017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual, dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain grub two- group pretest- postest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan IX-2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian adalah tes pilihan ganda yang telah di uji validasi soal tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak, uji t satu pihak, dan uji normalitas- gain (N- Gain). Hasil belajar siswa di kelas eksperimen memproleh peningkatan dari rata- rata 32,42 menjadi 76,21 dan di Kelas Kontrol dari 31,97 menjadi 66,97. Berdasarkan uji kesamaan rata- rata pretest diproleh bahwa kemampuan kedua kelas sama. Pengujian data postest dengan uji t satu pihak, taraf signifikan 0,05 diproleh daerah penerimaan Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai persentse N- Gain di kelas eksperimen diproleh 64,01% (kategori sedang), maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa menggunakan media, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537 Sem p |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Audio visual; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan alam; Listrik statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63135 |