Manik, Binsar (2024) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Proteksi Jaringan Tenaga Listrk di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193131016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Cover.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 5193131016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (363kB)
![[thumbnail of 5193131016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Kata_Pengantar.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 5193131016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Abstrak.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 5193131016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 5193131016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Daftar_Tabel.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 5193131016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
![[thumbnail of 5193131016_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5193131016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_BAB_I.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of 5193131016_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193131016_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (898kB)
![[thumbnail of 5193131016_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193131016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_BAB_V.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of 5193131016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of 5193131016_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan soal HOTS kelas XII TJTL pada mata pelajaran Proteksi Jaringan Tenaga Listrik Negeri 1 Percut Sei Tuan (2) Untuk mengetauhi validitas, reliabilitas , tingkat kesukaran soal, dan daya beda produk instrumen tes berbasis HOTS yang bertujuan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII TJTL pada mata pelajaran proteksi jaringan tenaga listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Dimana dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kurikulum dan kebutuhan, kedua design, yaitu mendesign soal HOTS dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) bertujuan memberikan arahan kepada peneliti dalam merancang instrument soal HOTS, ketiga development yaitu mengembangkan instrumen soal HOTS dengan membuat soal yang sesuai dengan tahap design untuk dilakukan uji kelayakan agar mendapat masukan oleh ahli materi, ahli evaluasi dan ahli bahasa, kempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (siswa) terhadap soal HOTS yang telah dikembangkan, kelima evaluation yaitu mengevaluasi soal HOTS berdasarkan beberapa masukan dari para ahli serta respon pengguna. Ditinjau dari Uji Validitas butir tes menunjukkan hasil yang “valid” dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (0,4). Reliabilitas butir tes dengan nilai rhitung (0,9373) lebih besar dari nilai rtabel (0,7) menunjukkan instrumen tes dapat dikategorikan “tinggi”. Ditinjau dari kesukaran soal dalam kategori “sedang” dengan rata-rata nilai 0,45, Daya beda soal dikategorikan “cukup” dengan rata-rata keseluruhan sebesar 0,4. Hasil analisis data kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII TJTL yang memiliki nilai persentase terbesar adalah mengevaluasi (C5) dengan nilai presentase 49,92 %, pada indikator menganalisis (C4) dengan nilai presentase 47,88%, dan kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi yang paling rendah adalah indikator mencipta dengan nilai presentase 40,38%. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII TJTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan rata-rata sebesar 46,8% dikategorikan kurang. Dengan demikian, pengembangan soal berbasis HOTS ini dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran proteksi jaringan tenaga listrik melalui latihan soal berbasis HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | ADDIE, Berpikir Tingkat Tinggi, Sistem Proteksi Tenaga Listrik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:08 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63114 |