Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Instalasi Motor Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 5 Medan

Silitonga, Arnold Indra Darmawan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Instalasi Motor Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193331012_Cover.pdf] Text
5193331012_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5193331012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193331012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of 5193331012_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193331012_Kata_Pengantar.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of 5193331012_Abstrak.pdf] Text
5193331012_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 5193331012_Daftar_Isi.pdf] Text
5193331012_Daftar_Isi.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 5193331012_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193331012_Daftar_Tabel.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 5193331012_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193331012_Daftar_Gambar.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 5193331012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193331012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5193331012_BAB_I.pdf] Text
5193331012_BAB_I.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 5193331012_BAB_II.pdf] Text
5193331012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5193331012_BAB_III.pdf] Text
5193331012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[thumbnail of 5193331012_BAB_IV.pdf] Text
5193331012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[thumbnail of 5193331012_BAB_V.pdf] Text
5193331012_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 5193331012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193331012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 5193331012_Lampiran.pdf] Text
5193331012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Instalasi Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) dan model pembelajaran Ekspository pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Ekspository, dimana diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,836 > 3,6446 maka terdapat pengaruh signifikan. Dari perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Dasar Program Keahlian instalasi motor listrik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspository kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 5 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL); Hasil belajar; Instalasi Motor Listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:59
Last Modified: 03 Jul 2025 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63110

Actions (login required)

View Item
View Item