Silitonga, Arnold Indra Darmawan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Instalasi Motor Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193331012_Cover.pdf
Download (62kB)
5193331012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (909kB)
5193331012_Kata_Pengantar.pdf
Download (896kB)
5193331012_Abstrak.pdf
Download (85kB)
5193331012_Daftar_Isi.pdf
Download (458kB)
5193331012_Daftar_Tabel.pdf
Download (392kB)
5193331012_Daftar_Gambar.pdf
Download (366kB)
5193331012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (273kB)
5193331012_BAB_I.pdf
Download (561kB)
5193331012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5193331012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (993kB)
5193331012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (590kB)
5193331012_BAB_V.pdf
Download (150kB)
5193331012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (282kB)
5193331012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Instalasi Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) dan model pembelajaran Ekspository pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Ekspository, dimana diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,836 > 3,6446 maka terdapat pengaruh signifikan. Dari perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Dasar Program Keahlian instalasi motor listrik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspository kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 5 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving Learning (CPSL); Hasil belajar; Instalasi Motor Listrik |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:59 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 02:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63110 |
