Harahap, Andewi Mazlin (2012) PENGGUNAAN METODE NATURAL APPROACH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (SPEAKING) BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV SDN 060856 MEDAN TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313020 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
108313020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
108313020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
108313020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108313020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313020 BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
108313020 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
108313020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 060856 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam berbicara (speaking) bahasa Inggris siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode Natural Approach dapat meningkatkan kemampuan berbicara (speaking) siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi asking and giving information identity di Kelas IV SD Negeri 060856 Medan TA 2012/2013?Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan kemampuan berbicara(speaking) bahasa Inggris siswa dengan menggunakan metode Natural Approach pada materi asking and giving information di Kelas IV SD Negeri 060856 Medan TA 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila kemampuan berbicara (speaking) siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat diketahui dari 30 orang siswa tidak terdapat siswa mendapat nilai tuntas dan sebanyak 30 orang siswa mendapat nilai belum tuntas dengan peresentase 44,86% dengan rata-rata nilai 5,4. Pada siklus I kemampuan berbicara (speaking) menjadi sebanyak 7 orang siswa mendapat nilai tuntas dengan peresentase 59,7%, dan sebanyak 27 orang siswa mendapat nilai belum tuntas dengan peresentase 23,33% rata-rata nilai 6,5. Pada siklus II terdapat sebanyak 26 orang siswa mendapat nilai tuntas dengan peresentase 88,66%, dan sebanyak 4 orang siswa mendapat nilai belum tuntas dengan peresentase 77,66% yang belum tuntas rata-rata nilai 6,4.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan penggunaan metode Natural Approach dapat meningkatkan kemampuan berbicara (speaking) siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan asking and giving information identity TA 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har p |
Keywords: | Metode Natural Approach; Kemampuan Berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6311 |