Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di Kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia

Sinaga, Aditya Dwinova (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di Kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111055_Cover.pdf] Text
1203111055_Cover.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203111055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 1203111055_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111055_Kata_Pengantar.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1203111055_Abstrak.pdf] Text
1203111055_Abstrak.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203111055_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111055_Daftar_Isi.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1203111055_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111055_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1203111055_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111055_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1203111055_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111055_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203111055_BAB_I.pdf] Text
1203111055_BAB_I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 1203111055_BAB_II.pdf] Text
1203111055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[thumbnail of 1203111055_BAB_III.pdf] Text
1203111055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[thumbnail of 1203111055_BAB_IV.pdf] Text
1203111055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[thumbnail of 1203111055_BAB_V.pdf] Text
1203111055_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1203111055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1203111055_Lampiran.pdf] Text
1203111055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Prblem Based Learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimen tipe One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi yang digunkan di dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia. Adapun sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi dijaikan sebagai sampel yaitu sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji noermalitas, dan uji hipotesis. Semua perhitungan hasil uji yang dilakukan, diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian dengan menggunakan uji uji uji uji paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t -test test test test menunjukkan bahwa rata-rata hasil nilai tes yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan adalah 66,43, sedangkan nilai rata-rata tes yang diperoleh setelah diberikan perlakuan adalah 86,9. Nilai thitung yaitu -10,196 dan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Karena nilai signifikan < 0,05, maka H0 ditolak dan H dan H dan H dan H a diterima. diterima. diterima. diterima. diterima. diterima. diterima. Jadi dapat disimpukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:50
Last Modified: 03 Jul 2025 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63104

Actions (login required)

View Item
View Item