Sinaga, Aditya Dwinova (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di Kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111055_Cover.pdf
Download (125kB)
1203111055_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (616kB)
1203111055_Kata_Pengantar.pdf
Download (433kB)
1203111055_Abstrak.pdf
Download (248kB)
1203111055_Daftar_Isi.pdf
Download (198kB)
1203111055_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
1203111055_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
1203111055_Daftar_Lampiran.pdf
Download (109kB)
1203111055_BAB_I.pdf
Download (468kB)
1203111055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (722kB)
1203111055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (727kB)
1203111055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
1203111055_BAB_V.pdf
Download (90kB)
1203111055_Daftar_Pustaka.pdf
Download (220kB)
1203111055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Prblem Based Learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimen tipe One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi yang digunkan di dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia. Adapun sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi dijaikan sebagai sampel yaitu sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji noermalitas, dan uji hipotesis. Semua perhitungan hasil uji yang dilakukan, diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian dengan menggunakan uji uji uji uji paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t paired samples t -test test test test menunjukkan bahwa rata-rata hasil nilai tes yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan adalah 66,43, sedangkan nilai rata-rata tes yang diperoleh setelah diberikan perlakuan adalah 86,9. Nilai thitung yaitu -10,196 dan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Karena nilai signifikan < 0,05, maka H0 ditolak dan H dan H dan H dan H a diterima. diterima. diterima. diterima. diterima. diterima. diterima. Jadi dapat disimpukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Video pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan Pancasila |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:50 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 02:50 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63104 |
