Depari, Agung Vinel Putra Sembiring (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Teknik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKS ERA UTAMA Pancur Batu T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181121009_Cover.pdf
Download (261kB)
5181121009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (284kB)
5181121009_Kata_Pengantar.pdf
Download (416kB)
5181121009_Abstrak.pdf
Download (637kB)
5181121009_Daftar_Isi.pdf
Download (297kB)
5181121009_Daftar_Tabel.pdf
Download (240kB)
5181121009_Daftar_Gambar.pdf
Download (240kB)
5181121009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (238kB)
5181121009_BAB_I.pdf
Download (556kB)
5181121009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5181121009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (785kB)
5181121009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5181121009_BAB_V.pdf
Download (267kB)
5181121009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (385kB)
5181121009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Melalui observasi yang dilakukan peneliti di kelas X SMK S Era Utama Pancur Batu, peneliti menemukan bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK SWASTA ERA UTAMA Pancur Batu Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah populasi 23 siswa. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Proyeksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test hasil belajar dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 13 siswa (56,32%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (43,68%) lainnya belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 71,52. Pada sikius II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I. dari hasil tes belajar diperoleh 20 siswa (86,95%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (13,05%) lainnya belum tuntas. Nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 81,73. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest síklus I ke posttest siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran menggambar Teknik Pengelasan kelas X SMK S Era Utama Pancur Batu T.A
2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; menggambar teknik |
| Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 09:27 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 09:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63090 |
