Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Teknik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKS ERA UTAMA Pancur Batu T.A. 2023/2024

Depari, Agung Vinel Putra Sembiring (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Teknik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKS ERA UTAMA Pancur Batu T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5181121009_Cover.pdf] Text
5181121009_Cover.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 5181121009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5181121009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 5181121009_Kata_Pengantar.pdf] Text
5181121009_Kata_Pengantar.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 5181121009_Abstrak.pdf] Text
5181121009_Abstrak.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of 5181121009_Daftar_Isi.pdf] Text
5181121009_Daftar_Isi.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 5181121009_Daftar_Tabel.pdf] Text
5181121009_Daftar_Tabel.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5181121009_Daftar_Gambar.pdf] Text
5181121009_Daftar_Gambar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5181121009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5181121009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 5181121009_BAB_I.pdf] Text
5181121009_BAB_I.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 5181121009_BAB_II.pdf] Text
5181121009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5181121009_BAB_III.pdf] Text
5181121009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[thumbnail of 5181121009_BAB_IV.pdf] Text
5181121009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5181121009_BAB_V.pdf] Text
5181121009_BAB_V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 5181121009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5181121009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 5181121009_Lampiran.pdf] Text
5181121009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Melalui observasi yang dilakukan peneliti di kelas X SMK S Era Utama Pancur Batu, peneliti menemukan bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK SWASTA ERA UTAMA Pancur Batu Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah populasi 23 siswa. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Proyeksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test hasil belajar dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 13 siswa (56,32%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (43,68%) lainnya belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 71,52. Pada sikius II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I. dari hasil tes belajar diperoleh 20 siswa (86,95%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (13,05%) lainnya belum tuntas. Nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 81,73. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest síklus I ke posttest siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran menggambar Teknik Pengelasan kelas X SMK S Era Utama Pancur Batu T.A
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; menggambar teknik
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Jul 2025 09:27
Last Modified: 02 Jul 2025 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63090

Actions (login required)

View Item
View Item