UPAYA TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK ELPATISIA AYAHANDA MEDAN.

Siallagan, Glabor Esra (2012) UPAYA TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK ELPATISIA AYAHANDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071211320024 COVER.pdf]
Preview
Text
071211320024 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071211320024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
071211320024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071211320024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071211320024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
071211320024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 BAB I.pdf]
Preview
Text
071211320024 BAB I.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 BAB V.pdf]
Preview
Text
071211320024 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 071211320024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071211320024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya Tutor dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya tutor dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini periode Februari 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan perhitungan besaran angka dan persentase. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 7 orang tutorl, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling sebanyak 7 orang tutor. Data dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan rumus P= F/N x 100 % karena menggunakan analisis statistik non parametrik.Dari hasil analisis data diperoleh: pengembangan kemampuan berbahasa anak yang dihasilkan adalah 57,14%, peningkatan perbendaharaan kata dihasilkan sebanyak 71,42%, membimbing anak dalam peningkatan berbicara yang dihasilkan sebanyak 85,71%, meningkatkan komunikasi terhadap anak yang dihasilkan sebanyak 42,85% dan memotivasi anak dalam peningkatan berbicara yang dihasilkan sebanyak 28,57% dari hasil analisis data diketahui bahwa upya tutor dinyatakan baik. Namun tetap diharapkan kepada tutor untuk lebih meningkatkan lagi upaya yang dihasilkan para tutor dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Elpatisia Ayahanda Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.071 Sia u
Keywords: Tutor; Anak; Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 20 Jul 2016 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6306

Actions (login required)

View Item
View Item