Harahap, Sari Maulina (2024) Pengembangan E-Modul Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216122010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Cover.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of 8216122010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (294kB)
![[thumbnail of 8216122010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Abstrak.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 8216122010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Kata_Pengantar.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 8216122010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Daftar_Isi.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 8216122010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 8216122010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Daftar_Gambar.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 8216122010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 8216122010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_BAB_I.pdf
Download (493kB)
![[thumbnail of 8216122010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216122010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216122010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8216122010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_BAB_V.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 8216122010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of 8216122010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216122010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Pengembangan E-Modul Berdiferensiasi berbasis Problem Based Learning (PBL) sangat diperlukan sebagai media belajar yang memberikan pengalaman lebih kaya kepada siswa. E-Modul ini dilengkapi dengan audio, video tutorial, dan tautan yang memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran secara praktis, efektif, serta melatih literasi teknologi sesuai dengan perkembangan pendidikan. Namun, pembelajaran yang bersifat monoton dan teacher-centered masih sering terjadi, seperti di SMP Negeri 43 Medan, khususnya pada mata pelajaran IPA yang membutuhkan visualisasi konkret. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-Modul Berdiferensiasi berbasis PBL pada mata pelajaran IPA. Menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII dalam materi Bumi dan Tata Surya. Kelayakan divalidasi oleh ahli materi, desain pembelajaran, dan desain grafis, serta diujicobakan kepada siswa. Kepraktisan dinilai melalui angket guru dan siswa, sedangkan keefektifan diuji dengan uji t-independent dan N-Gain antara kelas eksperimen (pembelajaran dengan E-Modul) dan kontrol (pembelajaran dengan buku ajar) dengan jumlah sampel 62 siswa. Hasil menunjukkan E-Modul sangat layak dengan rata-rata 87,55 persen, sangat praktis menurut siswa (95,25%) dan guru (95,75%), serta dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan (p-value 0,001 < 0,05). N-Gain kelas eksperimen sebesar 85,71 persen (efektif), sedangkan kelas kontrol 62,86 persen (cukup efektif). E-Modul ini terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal, dan diharapkan guru dapat mendorong penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di masa depan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Har p |
Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, E-Modul, Praktis, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:34 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63059 |