Analisis Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karang Baru

Fitri, Sicha Cahya (2025) Analisis Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karang Baru. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203113011_Cover.pdf] Text
1203113011_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203113011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203113011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of 1203113011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203113011_Kata_Pengantar.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 1203113011_Abstrak.pdf] Text
1203113011_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203113011_Daftar_Isi.pdf] Text
1203113011_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203113011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203113011_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203113011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203113011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203113011_BAB_I.pdf] Text
1203113011_BAB_I.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 1203113011_BAB_II.pdf] Text
1203113011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[thumbnail of 1203113011_BAB_III.pdf] Text
1203113011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of 1203113011_BAB_IV.pdf] Text
1203113011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[thumbnail of 1203113011_BAB_V.pdf] Text
1203113011_BAB_V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 1203113011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203113011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1203113011_Lampiran.pdf] Text
1203113011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana cara guru
menangani perilaku tantrum yang terjadi pada siswa di kelas B2 TK Negeri
Pembina Karang Baru yang berjumlah 2 siswa dari keseluruhan siswa yang
berjumlah 33 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru yang
bertugas di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru. Yang menjadi objek
dalam penelitian ini merupakan bagaimana peran guru dalam menangani perilaku
tantrum anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru. Data
dikumpulkan dengan observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru.
Berdasarkan hasil temuan peneliti, dari lima metode yang dapat digunakan guru
dalam menangani perilaku tantrum anak, hanya tiga metode saja yang digunakan
oleh kedua guru yang ada di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru yaitu
mendiamkan anak (ignore), mengarahkan (redirecting), dan mengeluarkan anak
dari kelas (exiting). Kedua guru dapat menangani perilaku tantrum pada anak di
kelas B2 dengan baik walaupun memilih metode yang berbeda dalam upaya guru
menangani tantrum. Dengan metode yang digunakan oleh guru, diharapkan dapat
menangani perilaku tantrum pada anak dengan baik. Guru dapat mencoba
beberapa metode lain yang dapat digunakan dalam menangani perilku tantrum
pada anak di kelas B2 sehingga dapat menemukan metode yang lebih tepat dan
cepat dalam penanganan tantrum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru; Perilaku tanturum; Anak usia 5-6
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:46
Last Modified: 02 Jul 2025 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63054

Actions (login required)

View Item
View Item