Fitri, Sicha Cahya (2025) Analisis Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karang Baru. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203113011_Cover.pdf
Download (121kB)
1203113011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (403kB)
1203113011_Kata_Pengantar.pdf
Download (272kB)
1203113011_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1203113011_Daftar_Isi.pdf
Download (214kB)
1203113011_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1203113011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1203113011_BAB_I.pdf
Download (391kB)
1203113011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (801kB)
1203113011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
1203113011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (986kB)
1203113011_BAB_V.pdf
Download (166kB)
1203113011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (141kB)
1203113011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana cara guru
menangani perilaku tantrum yang terjadi pada siswa di kelas B2 TK Negeri
Pembina Karang Baru yang berjumlah 2 siswa dari keseluruhan siswa yang
berjumlah 33 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru yang
bertugas di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru. Yang menjadi objek
dalam penelitian ini merupakan bagaimana peran guru dalam menangani perilaku
tantrum anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru. Data
dikumpulkan dengan observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru.
Berdasarkan hasil temuan peneliti, dari lima metode yang dapat digunakan guru
dalam menangani perilaku tantrum anak, hanya tiga metode saja yang digunakan
oleh kedua guru yang ada di kelas B2 TK Negeri Pembina Karang Baru yaitu
mendiamkan anak (ignore), mengarahkan (redirecting), dan mengeluarkan anak
dari kelas (exiting). Kedua guru dapat menangani perilaku tantrum pada anak di
kelas B2 dengan baik walaupun memilih metode yang berbeda dalam upaya guru
menangani tantrum. Dengan metode yang digunakan oleh guru, diharapkan dapat
menangani perilaku tantrum pada anak dengan baik. Guru dapat mencoba
beberapa metode lain yang dapat digunakan dalam menangani perilku tantrum
pada anak di kelas B2 sehingga dapat menemukan metode yang lebih tepat dan
cepat dalam penanganan tantrum
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Peran Guru; Perilaku tanturum; Anak usia 5-6 |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:46 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 04:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63054 |
