Khadijah, Siti (2024) Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Terintegrasi Nilai Islam Berbantuan Artificial Intelligence dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Mneingkatkan Hasil Belajar. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226166004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Cover.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of 8226166004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (963kB)
![[thumbnail of 8226166004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Abstrak.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 8226166004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Kata_Pengantar.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 8226166004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 8226166004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 8226166004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Daftar_Gambar.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 8226166004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 8226166004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_BAB_I.pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of 8226166004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (921kB)
![[thumbnail of 8226166004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (991kB)
![[thumbnail of 8226166004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8226166004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_BAB_V.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 8226166004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (333kB)
![[thumbnail of 8226166004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226166004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Lulusan madrasah diharapkan memiliki kemampuasn intelektual yang berdasarkan nilai-nilai agama untuk meningkatkan life skill. Pentingnya pelajaran umum diintegrasikan dengan nilai Islam, dengan cara menghubungkan materi dan kehidupan dunia nyata. Karena itu penyediaan modul yang terintegrasi dengan nilai Islam sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar yang terintegrasi nilai Islam menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), menganalisis kelayakan bahan ajar dari penilaian hasil validasi ahli materi, media dan desain pembelajaran, tanggapan guru mata pelajaran dan juga melihat respon peserta didik melalui uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yang berfokus pada mata pelajaran ekonomi materi Akuntansi sebagai Sistem Informasi Akuntansi di kelas XII IPS 2. Dalam menganalisis efektivitas produk dilakukan Uji-t dan dilanjutkan dengan Uji Cohen’s d. Model yang digunakana dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analys, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation) dikemukakan oleh Branch. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas XII IPS 2 dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang terintegrasi nilai Islam menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berdasarkan validasi ahli materi untuk bahan ajar sebesar 71,67% berada dalam kriteria layak, validasi ahli media untuk bahan ajar sebesar 80% dengan kriteria layak, ahli desain pembelajaran sebesar 92,39% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian guru mata pelajaran untuk bahan ajar sebesar 94,12% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 88,33% dengan kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 89,07% dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelompok besar sebesar 89,31% dengan kriteria sangat baik. Dan uji kelayakan bahan ajar memperoleh persentase rata-rata 86,41% berada pada kriteria “Sangat Layak”. Hasil Uji-t dengan nilai t hitung 4.253 > 2,0017 maka dapat disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk melihat seberapa besar pengaruh dari treatmen yang telah diberikan maka dari itu diperlukan uji cohen’s d. Nilai Cohen’s d yang di peroleh adalah 1,10 yang berarti bahan ajar yang dikembangkan memiliki efek yang besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 657.072 Kha p |
Keywords: | Akuntansi, Berbantuan Artificial Intelligence, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Pengembangan Bahan Ajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:27 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63053 |