Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar

Setiawan, MHD. Arif (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182018_Cover.pdf] Text
8226182018_Cover.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8226182018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 8226182018_Abstrak.pdf] Text
8226182018_Abstrak.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 8226182018_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182018_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 8226182018_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182018_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 8226182018_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182018_Daftar_Tabel.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 8226182018_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182018_Daftar_Gambar.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8226182018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 8226182018_BAB_I.pdf] Text
8226182018_BAB_I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 8226182018_BAB_II.pdf] Text
8226182018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182018_BAB_III.pdf] Text
8226182018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182018_BAB_IV.pdf] Text
8226182018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8226182018_BAB_V.pdf] Text
8226182018_BAB_V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 8226182018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 8226182018_Lampiran.pdf] Text
8226182018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik saat ini belum memadai untuk keberhasilan pembelajaran abad 21, sehingga diperlukan suatu inovasi menggunakan media dan model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini menggunakan sampel total dan data penelitian diperoleh menggunakan tes uraian yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas tes. Hasil penelitian ini menemukan tiga hal. Pertama, kelayakan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing mendapatkan nilai rata-rata 91% dengan kategori sangat layak dari ahli materi dan 92% dengan kategori sangat layak dari ahli media pembelajaran. Kedua, melalui uji pada nilai N-gain ternormalisasi seluruh kelompok sebesar 76,16% yang lebih besar sama dengan 76% berada pada kategori tinggi dengan efektifitas pembelajaran cukup efektif. Ketiga, praktikalitas penggunaan produk E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing mendapatkan kategori sangat praktis secara penggunaan oleh guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Set p
Keywords: Berpikir Kritis; E-LKPD; Inkuiri Terbimbing; Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:51
Last Modified: 02 Jul 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63037

Actions (login required)

View Item
View Item