Sitorus, Josua Sandi Putra (2024) Pengaruh Model Pembelajaran PCP (Point Counter Point) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelalajaran Dasar-Dasar DPIB Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193111022_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Cover.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of 5193111022_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 5193111022_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 5193111022_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Abstrak.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 5193111022_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Daftar_Isi.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 5193111022_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Daftar_Tabel.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 5193111022_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 5193111022_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 5193111022_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_BAB_I.pdf
Download (426kB)
![[thumbnail of 5193111022_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (878kB)
![[thumbnail of 5193111022_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193111022_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (804kB)
![[thumbnail of 5193111022_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_BAB_V.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of 5193111022_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 5193111022_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193111022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelititian ini merupakan penelititian pengaruh model pembelajaran PCP pada mata pelajaran DPIB di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelititian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran PCP Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar- Dasar DPIB Siswa Kelas X Program Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan nilai ulangan harian Dasar-Dasar DPIB siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, banyak siswa yang nilainya tidak mencapai KKM, sehingga penelititi melakukan penelititian ini. Penelititian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelititian yang digunakan yaitu metode quasy eksperimen yang membandingkan hasil belajar
siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dengan model PCP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal
pilihan ganda sebanyak 22 soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil penelititian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model
pembelajaran PCP lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelititian, dimana data
penelititian rata-rata hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran PCP 83,1 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model langsung 71,03. Pengaruh hasil belajar model pembelajaran PCP dibuktikan dengan analisis statistik uji-t satu pihak yang menunjukkan thitung 4,311>ttabel 1,627. Pada model pembelajaran PCP siswa lebih senang belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling berkomunikasi antar siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model langsung menyebabkan siswa cederung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajakan oleh guru tanpa berperan serta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | PCP; Hasil Belajar; Dasar-Dasar DPIB; SMK Negeri 1 Lubuk Pakam |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:34 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62979 |