Pengembangan Materi Pembelajaran dengan Menggunakan Media Aplikasi Lectora Inspiredi SMA Free Methodist 1 Medan

Sitindaon, Theresa Muthia (2024) Pengembangan Materi Pembelajaran dengan Menggunakan Media Aplikasi Lectora Inspiredi SMA Free Methodist 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2173131022_Cover.pdf] Text
2173131022_Cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 2173131022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2173131022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of 2173131022_Abstrak.pdf] Text
2173131022_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 2173131022_Kata_Pengantar.pdf] Text
2173131022_Kata_Pengantar.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 2173131022_Daftar_Isi.pdf] Text
2173131022_Daftar_Isi.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 2173131022_Daftar_Tabel.pdf] Text
2173131022_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2173131022_Daftar_Gambar.pdf] Text
2173131022_Daftar_Gambar.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2173131022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2173131022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2173131022_BAB_I.pdf] Text
2173131022_BAB_I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 2173131022_BAB_II.pdf] Text
2173131022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[thumbnail of 2173131022_BAB_III.pdf] Text
2173131022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[thumbnail of 2173131022_BAB_IV.pdf] Text
2173131022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2173131022_BAB_V.pdf] Text
2173131022_BAB_V.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 2173131022_Lampiran.pdf] Text
2173131022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 2173131022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2173131022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kurangnya materi pembelajaran bahasa Prancis di
SMA Free Methodist 1 Medan. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam
penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and
development) dengan model Sugiyono dan dibatasi pada 5 tahap, yaitu: (1)
identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)
validasi produk, (5) revisi produk. Tahapan awal untuk penelitian ini adalah
pengumpulan data dengan menganalisis kebutuhan siswa menggunakan google
form, merancang dan membuat materi pembelajran serta memvalidasinya kepada
ahli materi dan media. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data
mengenai kelayakan media pembelajaran yang telah divalidasi oleh validator.
sumber data dalam penelitian ini adalah siswa sebagai informan dalam angket
analisis kebutuhan, buku, artikel, jurnal, sebagai pendukung data lainnya.
Instrument pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini berupa lembar
penilaian untuk validator. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
pengumpulan data dengan instrument analisis presentase. Hasil uji validasi oleh
ahli materi adalah 87.3% sedangkan ahli media adalah 93%. Hasil validasi materi
termsuk dalam kategori "baik" dan hasıl validasi media termasuk dalam kategori
"sangat baik". Maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi pembelajaran yang
dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspiredi nyatakan valid
untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Prancis pada siswa kelas X IPA dan
IPS SMA Free Methodist 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Aplikasi Pembelajaran; Software; Se Presenter Quelqu'un
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:07
Last Modified: 30 Jun 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62971

Actions (login required)

View Item
View Item