Sitindaon, Theresa Muthia (2024) Pengembangan Materi Pembelajaran dengan Menggunakan Media Aplikasi Lectora Inspiredi SMA Free Methodist 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2173131022_Cover.pdf
Download (215kB)
2173131022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (766kB)
2173131022_Abstrak.pdf
Download (314kB)
2173131022_Kata_Pengantar.pdf
Download (245kB)
2173131022_Daftar_Isi.pdf
Download (221kB)
2173131022_Daftar_Tabel.pdf
Download (123kB)
2173131022_Daftar_Gambar.pdf
Download (124kB)
2173131022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (191kB)
2173131022_BAB_I.pdf
Download (358kB)
2173131022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (929kB)
2173131022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
2173131022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2173131022_BAB_V.pdf
Download (274kB)
2173131022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
2173131022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (277kB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kurangnya materi pembelajaran bahasa Prancis di
SMA Free Methodist 1 Medan. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam
penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and
development) dengan model Sugiyono dan dibatasi pada 5 tahap, yaitu: (1)
identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)
validasi produk, (5) revisi produk. Tahapan awal untuk penelitian ini adalah
pengumpulan data dengan menganalisis kebutuhan siswa menggunakan google
form, merancang dan membuat materi pembelajran serta memvalidasinya kepada
ahli materi dan media. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data
mengenai kelayakan media pembelajaran yang telah divalidasi oleh validator.
sumber data dalam penelitian ini adalah siswa sebagai informan dalam angket
analisis kebutuhan, buku, artikel, jurnal, sebagai pendukung data lainnya.
Instrument pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini berupa lembar
penilaian untuk validator. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
pengumpulan data dengan instrument analisis presentase. Hasil uji validasi oleh
ahli materi adalah 87.3% sedangkan ahli media adalah 93%. Hasil validasi materi
termsuk dalam kategori "baik" dan hasıl validasi media termasuk dalam kategori
"sangat baik". Maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi pembelajaran yang
dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspiredi nyatakan valid
untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Prancis pada siswa kelas X IPA dan
IPS SMA Free Methodist 1 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; Aplikasi Pembelajaran; Software; Se Presenter Quelqu'un |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:07 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 08:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62971 |
