Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Prancis dengan Menggunakan Biteable di SMA Negeri 1 Doloksanggul

Manalu, Sintong Hamonangan (2024) Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Prancis dengan Menggunakan Biteable di SMA Negeri 1 Doloksanggul. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2171131020_Cover.pdf] Text
2171131020_Cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 2171131020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2171131020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2171131020_Abstrak.pdf] Text
2171131020_Abstrak.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 2171131020_Kata_Pengantar.pdf] Text
2171131020_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 2171131020_Daftar_Isi.pdf] Text
2171131020_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 2171131020_BAB_I.pdf] Text
2171131020_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 2171131020_BAB_II.pdf] Text
2171131020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2171131020_BAB_III.pdf] Text
2171131020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of 2171131020_BAB_IV.pdf] Text
2171131020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2171131020_BAB_V.pdf] Text
2171131020_BAB_V.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 2171131020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2171131020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 2171131020_Lampiran.pdf] Text
2171131020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Bahasa Prancis memiliki berbagai materi pembelajaran yang penting untuk siswa
A2. Salah satunya adalah materi tentang “Se Presenter”, yang merupakan tema
penting dalam pelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan proses pengembangan materi pembelajaran dengan tema “Se
Présenter” menggunakan platform Biteable dan mengevaluasi kelayakan materi
tersebut untuk meningkatkan pemahaman bahasa Prancis siswa SMA Negeri 1
Doloksanggul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D)
yang mengikuti model Sugiyono, yang terdiri dari lima tahap berikut: 1) Potensi
masalah, yang meliputi pengumpulan informasi tentang kebutuhan siswa dan
persyaratan kurikulum dalam bahasa Prancis, melalui kuesioner dan wawancara.
2) Pengumpulan data, di mana informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan
materi dikumpulkan. 3) Desain produk, di mana materi pembelajaran dan video
edukasi dibuat dengan menggunakan Biteable. 4) Validasi Desain, yang
melibatkan evaluasi materi pembelajaran dan video oleh para validator, dengan
skor awal 66% untuk materi dan 60% untuk video. 5) Revisi desain, dimana
produk dimodifikasi sesuai dengan saran dari para validator, sehingga
menghasilkan peningkatan skor menjadi 91% untuk materi dan 90% untuk video.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan materi pembelajaran
menggunakan Biteable layak dilakukan, dengan adanya peningkatan yang
signifikan terhadap keaktifan dan pemahaman siswa terhadap bahasa Prancis.
Materi pembelajaran dan video yang dikembangkan dianggap efektif dan siap
untuk diimplementasikan dalam konteks pendidikan di SMA Negeri 1
Doloksanggul. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menyoroti pentingnya iterasi
dan peningkatan berkelanjutan dalam pembuatan materi pembelajaran untuk
memastikan pengalaman belajar yang memperkaya yang disesuaikan dengan
kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; materi pembelajatan; bahasa Prancis; Biteable
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:37
Last Modified: 30 Jun 2025 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62965

Actions (login required)

View Item
View Item