Simatupang, Kristin Agustina (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Tingkat Penguasaan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Efrata Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201113014_Cover.pdf
Download (44kB)
1201113014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
1201113014_Kata_Pengantar.pdf
Download (237kB)
1201113014_Abstrak.pdf
Download (241kB)
1201113014_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
1201113014_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1201113014_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1201113014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (97kB)
1201113014_BAB_I.pdf
Download (375kB)
1201113014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (520kB)
1201113014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (552kB)
1201113014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (604kB)
1201113014_BAB_V.pdf
Download (247kB)
1201113014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (133kB)
1201113014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (766kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat penguasaan kosakata anak kurang dalam hal mengucapkan kosakata nama binatang, tanaman, dan mengenal warna 1) Ditemukan 6-8 orang anak dari total 16 jumlah anak di kelas TK A yang sulit berbicara atau berkomunikasi dikarenakan anak sulit mengembangkan perbendaharaan kata atau menyusun kata menjadi kalimat yang mudah dimengerti orang lain khususnya guru. 2) Ditemukan sekitar 6-8 anak yang hanya bisa mengucapkan 100- 300 kosakata dalam sehari. 3) Ditemukan sekitar 7-8 anak yang perbendaharaan kosakata masih kurang seperti kosakata nama-nama benda, warna, binatang, tumbuhan dan juga mengenal bilangan. 4) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru hanya memfokuskan pada kemampuan akademik seperti, membaca,
menulis, dan berhitung saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media Pop up Book terhadap Tingkat pengasaan kosakata anak usia 4-5 tahun di TK Efrata. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain penelitian Preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini ialah seluruh anak usia 4-5 tahun di TK Efrata Kelas A yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan teknik nonporobability sampling, yaitu sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik
nonparametric yaitu uji Wilcoxon. Hasil perhitungan dan uji hipotesis data diperoleh Sesuai dengan hasil uji hipotesis yaitu 120 > 25, karena �ℎ����� > ������ maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil penelitian nilai rata- rata
sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media Pop up Book (pre-test) tergolong berkategori mulai berkembang dengan rata-rata skor = 1,82, sedangkan setelah kegiatan pembelajaran menggunakan media Pop up Book (post-test)
tergolong berkategori berkembang sangat baik dengan rata-rata skor = 3,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa �� diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa “Adanya pengaruh yang signifikan dari media Pop Up Book terhadap tingkat penguasaan kosakata anak usia 4-5 tahun di TK Efrata.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penguasaan kosa kata; Media pop up Book; Anak |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:45 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 05:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62958 |
