Sirait, Widya Pinondang (2025) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Masters thesis, UNIMED.
8226174013_Cover.pdf
Download (60kB)
8226174013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (448kB)
8226174013_Abstrak.pdf
Download (87kB)
8226174013_Kata_Pengantar.pdf
Download (142kB)
8226174013_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
8226174013_Daftar_Tabel.pdf
Download (92kB)
8226174013_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
8226174013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
8226174013_BAB_I.pdf
Download (278kB)
8226174013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (614kB)
8226174013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
8226174013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226174013_BAB_V.pdf
Download (142kB)
8226174013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (222kB)
8226174013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis inkuiri pada materi ekosistem yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi sebanyak 2 kelas terdiri dari kelas eksperimen (34 siswa) dan kelas kontrol (34 siswa). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, lembar observasi, angket serta instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kelayakan, kepraktisan dan analisis keefektifan modul dengan pendekatan independent sampel t-test. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri pada materi ekosistem kelas X SMA telah memenuhi kriteria sangat layak berdasarkan penilaian tim validator ahli materi (85,1%) maupun penilaian tim validator ahli media/desain (94,0%); telah memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru (89,0%) dan aktivitas siswa (83,8%); modul juga efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas eksperimen yang mencapai 97,1% dan pengujian secara statistik dengan nilai thitung > ttabel (4,945 > 1,665) dan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,01. Guru biologi memberikan respon yang sangat baik (86,3%) terhadap modul yang dihasilkan, serta rata-rata siswa juga memberikan respon yang tergolong baik (79,9%).
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 577 Sir p |
| Keywords: | Ekosistem, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Modul |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:01 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 05:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62951 |
