Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara T.A 2024/2025

Hutasoit, Fery Refmil (2025) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183113023_Cover.pdf] Text
1183113023_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 1183113023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183113023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 1183113023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183113023_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1183113023_Abstrak.pdf] Text
1183113023_Abstrak.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 1183113023_Daftar_Isi.pdf] Text
1183113023_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1183113023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183113023_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1183113023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183113023_Daftar_Gambar.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1183113023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183113023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1183113023_BAB_I.pdf] Text
1183113023_BAB_I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 1183113023_BAB_II.pdf] Text
1183113023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[thumbnail of 1183113023_BAB_III.pdf] Text
1183113023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of 1183113023_BAB_IV.pdf] Text
1183113023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[thumbnail of 1183113023_BAB_V.pdf] Text
1183113023_BAB_V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1183113023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183113023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1183113023_Lampiran.pdf] Text
1183113023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, perlu dipahami bahwa setiap pemimpin bertanggung jawab mengarahkan apa yang baik bagi guru. Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi dalam lembaga pendidikan yang bertanggung
jawab terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kelancaran jalannya sekolah demi terwujudnya tujuan sekolah tersebut. Kepala sekolah selalu mendorong guru-guru untuk melaksanakan tugas dengan baik dan semakin tinggi
intensitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap guru, semakin tinggi pula tingkat kinerja guru dalam melaksanakan pekerjaannya. Hal tersebut menandakan perilaku pimpinan telah membawa perubahan yang signifikan dalam meningkatkan kinerja guru, mampu membawa rasa kepercayaan diri pada para
guru, mampu memberikan gagasan baru terhadap guru supaya mampuberkomunikasi dengan baik, mampu memberikan inspirasi untuk kemajuan sekolah, mampu memberikan perhatian pribadi kepada semua guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah
terhadap kinerja guru di TK Kecamatan Siborongborong Kab. Tapanuli Utara T.A 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peineiliitiian kuantiitatiif yang bersifat ex-post facto. Populasi adalah 30 guru TK
Siborongborong Tahun Ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 34 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kinerja guru pendidikan anak usia dini di TK Siborongborong dibuktikan melalui analisa data berikut ini: 1) Uji persyaratan analisis: a) uji hubungan yang positif diperoleh nilai
rxy = 0,718 > r 30) = 0,361 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. b) Uji hubungan yang signifikan diperoleh nilai thitung= 5,464 > t -2=28)= 2,048 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, diperoleh persamaan regresi ̂ . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 51,6%. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kepemimpinan; Kepala sekolah; Kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:32
Last Modified: 30 Jun 2025 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62934

Actions (login required)

View Item
View Item