Pandiangan, Nanda (2024) Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Doratoon Untuk Pembelajaran Bahasa Prancis Di Sman 11. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2171131013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Cover.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 2171131013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (815kB)
![[thumbnail of 2171131013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Abstrak.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of 2171131013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Kata_Pengantar.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 2171131013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Daftar_Isi.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 2171131013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Daftar_Tabel.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 2171131013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Daftar_Gambar.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of 2171131013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 2171131013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_BAB_I.pdf
Download (437kB)
![[thumbnail of 2171131013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2171131013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
![[thumbnail of 2171131013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2171131013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_BAB_V.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of 2171131013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of 2171131013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2171131013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan
menggunakan video animasi untuk materi oral reception pada siswa kelas XII
SMAN 11 Medan dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang
dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and
Development) dengan model ADDIE dan dibata si pada 3 tahap, yaitu: (1) Analysis,
(2) Design dan (3) Development. Untuk penelitian ini dilakukan beberapa kegiatan
yaitu: (1) pada tahap analisis: pengumpulan informasi melalui studi literatur
mengenai program pembelajaran bahasa Prancis, wawancara dengan guru bahasa
Prancis untuk mengetahui kurikulum yang digunakan serta untuk mengetahui
materi apa yang menjadi kesulitan siswa dalam belajar bahasa Prancis, analisis hasil
belajar siswa, penyebaran angket kepada siswa berdasarkan angket yang diberikan
dan media Doratoon yang belum pernah digunakan sebagai media pembelajaran di
kelas, dan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar bahasa Prancis. , (2)
tahap desain: perancangan video animasi berdasarkan materi yang diberikan, dan
(3) tahap pengembangan: pengembangan video animasi dengan menggunakan
media Doratoon. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini
adalah lembar evaluasi untuk validator. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pengumpulan data dengan menggunakan instrumen analisis
persentase. Hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 94%, sedangkan hasil untuk
ahli media sebesar 88%. Hasil validasi materi termasuk dalam kategori 'sangat baik'
dan hasil validasi media termasuk dalam kategori 'baik'. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan
Doratoon dinyatakan valid untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Prancis
oleh siswa SMAN 11 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; video pembelajaran; Doratoon; kemampuan mendengar; Donner l’identité |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:22 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62933 |