Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Takengon

Jingga, Milla Katun (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Takengon. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193344025_Cover.pdf] Text
5193344025_Cover.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 5193344025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193344025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of 5193344025_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193344025_Kata_Pengantar.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 5193344025_Abstrak.pdf] Text
5193344025_Abstrak.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 5193344025_Daftar_Isi.pdf] Text
5193344025_Daftar_Isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5193344025_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193344025_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5193344025_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193344025_Daftar_Gambar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5193344025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193344025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5193344025_BAB_I.pdf] Text
5193344025_BAB_I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 5193344025_BAB_II.pdf] Text
5193344025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193344025_BAB_III.pdf] Text
5193344025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[thumbnail of 5193344025_BAB_IV.pdf] Text
5193344025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5193344025_BAB_V.pdf] Text
5193344025_BAB_V.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 5193344025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193344025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 5193344025_Lampiran.pdf] Text
5193344025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Mengetahui
pengembangan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran perawatan
wajah untuk siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK N 1 Takengon. Mengetahui
kelayakan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran perawatan wajah
untuk siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK N 1 Takengon. Permasalahan yang
ditemukan yaitu khususnya pada pemahaman siswa terhadap langkah-langkah
atau prosedur kerja yang sesuai dengan kondisi kulit berjerawat, pemahaman
siswa terhadap aturan pemijatan yang dapat dilakukan pada kulit wajah
berjerawat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK N 1 Takengon yang
berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu
Probability Sampling (Random Sample). Uji validitas materi dan media dilakukan
oleh 3 orang ahli materi dan. Kelayakan media diperoleh dari uji coba kelompok
kecil berjumlah 5 siswa, uji coba kelompok sedang 10 oang siswa, uji coba
kelompok besar 15 siswa.
Hasil penelitian pada pengembangan media e-modul mendapat penilaian
dari ahli materi dengan hasil persentase rata-rata 92% dengan kriteria “Sangat
Baik”, penilaian dari ahli media dengan hasil persentase rata-rata 89% dengan
kriteria “Sangat Baik”. Pada uji coba kelayakan dilakukan uji coba produk pada
kelompok kecil mendapat hasil persentase rata-rata 84% dengan kriteria “Sangat
Baik”, hasil uji coba produk pada kelompok sedang mendapat hasil persentase
rata-rata 87% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan hasil uji coba produk pada
kelompok besar mendapat hasil persentase rata-rata 89% dengan kriteria “Sangat
Baik”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran e-modul
pada mata pelajaran perawatan wajah dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media, E-Modul, Perawatan Wajah
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:12
Last Modified: 30 Jun 2025 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62929

Actions (login required)

View Item
View Item