Lestari, Rani (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 116909 SIMPANG EMPAT MERBAU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311086 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
109311086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
109311086 KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
109311086 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
109311086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
109311086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
109311086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
109311086 BAB I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
109311086 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
109311086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri No 116909 Simpang Empat Merbau menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri No 116909 Simpang Empat Merbau?Penelitian ini terdiri dari observasi dan dua siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan. Selanjutnya memberikan lembar angket di sebelum tindakan dan sesudah siklus II untuk melihat motivasi belajar siswa.Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalh siswa kelas IV SD Negeri No 116909 Simpang Empat Merbau yang berjumlah 30 orang siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data motivasi belajar siswa pada materi mengenal lambang bilangan romawi. Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan I hanya 14 orang siswa memiliki motivasi belajar dengan kriteria sedang (46,67%). Pada siklus I pertemuan II ada 17 orang siswa dengan kriteria tinggi dan sedang (56,67%). Dan pada siklus II pertemuan I persentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 24 orang siswa memiliki motivasi belajar dengan kriteria tinggi dan sedang (80%) dan pada siklus II pertemuan II semakin meningkat lagi sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu: 27 orang siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi dan tinggi (90%). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa motivasi belajra siswa meningkat dalam pelajaran matematika materi mengenal lambang bilangan romawi dengan Make A Match. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri No.116909 Simpang Empat Merbau.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Les m |
Keywords: | Belajar; Motivasi; Ciri-ciri ;Make A Match; Metode; Pembelajaran; Matematika; Bilangan Romawi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6289 |