Zuhair, Alfanny (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Sanitasi Hygiene Siswa Kelas X Kecantikan SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193344008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Cover.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 5193344008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (782kB)
![[thumbnail of 5193344008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Kata_Pengantar.pdf
Download (389kB)
![[thumbnail of 5193344008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Abstrak.pdf
Download (481kB)
![[thumbnail of 5193344008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Daftar_Isi.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 5193344008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Daftar_Tabel.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 5193344008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Daftar_Gambar.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 5193344008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 5193344008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_BAB_I.pdf
Download (614kB)
![[thumbnail of 5193344008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193344008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193344008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193344008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_BAB_V.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 5193344008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (402kB)
![[thumbnail of 5193344008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193344008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa dalam
pelajaran sanitasi hygiene, banyaknya siswa yang belum tuntas dalam
pembelajaran sanitasi hygiene serta siswa kurang aktif dalam pembelajaran
sanitasi hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar
sanitasi hygiene siswa kelas X Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan yang
diajarkan dengan menggunakan media mind mapping. 2) Hasil belajar sanitasi
hygiene siswa kelas X Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan yang diajarkan
dengan menggunakan media direct learning. 3) Pengaruh mind mapping terhadap
hasil belajar sanitasi hygiene siswa kelas X Kecantikan SMK Pariwisata Imelda
Medan.
Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen dengan populasi
penelitian mencakup seluruh siswa kelas X Kecantikan di SMK Pariwisata Imelda
Medan pada Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa, di
mana kelas X Kc 1 berperan sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan
media mind mapping, sedangkan kelas X Kc 2 berfungsi sebagai kelompok
kontrol yang menggunakan media pembelajaran langsung. Pengambilan sampel
dilakukan dengan metode total sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Mind
Mapping Terhadap Hasil Belajar Sanitasi Hygiene pada Siswa Kelas X
Kecantikan di SMK Pariwisata Imelda Medan. Hasil belajar siswa di kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan
melalui uji hipotesis yang menghasilkan nilai thitung = 7,16. Pada taraf signifikan (α
= 0,05) dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 71, diperoleh nilai ttabel = 1,99.
Karena thitung (7,16) lebih besar dari ttabel (1,99), maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
penggunaan media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar sanitasi
hygiene pada siswa kelas X Kecantikan di SMK Pariwisata Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mind Mapping, Sanitasi Hygiene, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895 Industrial and factory sanitation T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895 Industrial and factory sanitation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:05 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62827 |