Tarigan, Juwita Angelica Esteria (2024) Pengemasan Tor-Tor Ilah Mardogei Dalam Bentuk Modul Untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2193141015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Cover.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 2193141015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2193141015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Abstrak.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 2193141015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Kata_Pengantar.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 2193141015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 2193141015_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 2193141015_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Daftar_Gambar.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 2193141015_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 2193141015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_BAB_I.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 2193141015_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
![[thumbnail of 2193141015_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (413kB)
![[thumbnail of 2193141015_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 2193141015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_BAB_V.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 2193141015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 2193141015_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193141015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengemas materi ajar Tortor Ilah Mardogei dalam
bentuk modul untuk siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama sesuai dengan
KD 3.1 yaitu memahami keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari. Tahapan yang digunakan untuk pengemasan modul
perpedoman pada Daryanto (2013:16-24), dengan mengacu pada model
pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh (Benny A. Pribadi,2014:127).
Lokasi penelitian dilaksanakan di sanggar Marilah Simalungun guna untuk
menggali data tentang Tor-tor Ilah Mardogei, dan melakukan mengambilan foto
untuk dokumentasi pada modul di halaman Digital Library Universitas Negeri
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Tor-tor Ilah Mardogei, seniman
Simalungun yang memahami Tor-tor Ilah Mardogei dan panortor. Sampel yang
ditetapkan dalam penelitian ini adalah dua orang seniman Simalungun, dan dua
orang penari yang menvisiualisasikan gerak Tor-tor Ilah Mardogei untuk
kebutuhan modul. Penelitian ini menghasilkankan modul Tor-tor Ilah Mardogei
untuk siswa Kelas VIII SMP, yang mengacu pada silabus KD 3.1 yakni
“mengidentifikasi keunikan gerak tari tradisional. Isi modul terdiri dari 6
Kegiatan Belajar yang membahas tentang unsur-unsur yang ada pada Tor-tor Ilah
Mardogei. Pengemasan Modul ini telah diuji kelayakannya oleh ahli materi dan
ahli media. Penilaian ahli materi untuk aspek kesesuaian KD, kelayakan isi,
bahasa, pengorganisasian bahan memperoleh nilai rata-rata 4,7 dinyatakan layak.
Penilaian ahli media untuk aspek tampilan, isi materi visual modul dengan nilai
rata-rata 4,7 dinyatakan layak. Dapat disimpulkan penilaian modul dari ahli materi
dan ahli media dinyatakan “layak” untuk dijadikan bahan ajar seni budaya pada
siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengemasan; Tor-Tor Ilah Mardogei; Modul |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:54 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62824 |