Penerapan Kartu Pos Tari Maena Fangowai Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Siswi Man Batubara

Husnah, Asmaul (2024) Penerapan Kartu Pos Tari Maena Fangowai Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Siswi Man Batubara. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2182141007_Cover.pdf] Text
2182141007_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 2182141007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2182141007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2182141007_Abstrak.pdf] Text
2182141007_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 2182141007_Kata_Pengantar.pdf] Text
2182141007_Kata_Pengantar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 2182141007_Daftar_Isi.pdf] Text
2182141007_Daftar_Isi.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2182141007_Daftar_Tabel.pdf] Text
2182141007_Daftar_Tabel.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 2182141007_Daftar_Gambar.pdf] Text
2182141007_Daftar_Gambar.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 2182141007_BAB_I.pdf] Text
2182141007_BAB_I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 2182141007_BAB_II.pdf] Text
2182141007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of 2182141007_BAB_III.pdf] Text
2182141007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of 2182141007_BAB_IV.pdf] Text
2182141007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of 2182141007_BAB_V.pdf] Text
2182141007_BAB_V.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 2182141007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2182141007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2182141007_Lampiran.pdf] Text
2182141007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kartu pos tari Maena
Fangowai melalui model pembelajaran Teams Games Tournament untuk
meningkatkan hasil belajar siswa siswi MAN Batubara pada KD 3.1 memahami
konsep, teknik dan prosedur tari Maena Fangowai. Teori yang dijadikan pedoman
dalam penelitian ini adalah teori model pembelajaran TGT oleh Slavin, media
kartu pos oleh Rudi Susilana dan Cepi Riyana. Metode penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan one group pretest posttest
design.. Populasi seluruh siswa kelas X MAN Batubara dengan jumlah 4 kelas
dan sampel siswa kelas X IPA-1 MAN Batubara berjumlah 36 siswa. Teknik
pengumpulan data observasi lapangan, tes hasil belajar, dokumentasi, dan
penelitian relevan. Instrument penelitian yaitu soal-soal essay berjumlah 15 soal
yang terlebih dahulu diuji validasi. Sebelum dilakukan tindakan terlebih dahulu
diberikan pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa. Dari hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata yaitu 43, Setelah menerapkan media kartu pos dan model
pembelajaran Teams Games Tournament dilakukan posttest dan hasil yang
diperoleh adalah rata-rata nilai siswa meningkat 87.138. Selanjutnya dilakukan uji
homogenitas diperoleh hasil sig. 0,125, karena nilai sig. > 0,05 maka dapat
disimpulkan data adalah homogen. Berdasarkan tabel t, dengan df=35 dan a =
0,05 adalah 2,03011. Karena t hitung > t tabel, yaitu 35,075 > 2,03011 maka dapat
disimpulkan Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan
pada hasil pembelajaran setelah diterapkannya media kartu pos dan model
pembelajaran Teams Games Tournament di MAN Batubara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Kartu Pos; Model pembelajaran Teams Games Tournament; Hasil Belajar
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:50
Last Modified: 25 Jun 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62797

Actions (login required)

View Item
View Item