Sianturi, Lentiana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421006_Cover.pdf
Download (63kB)
4202421006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (103kB)
4202421006_Abstrak.pdf
Download (119kB)
4202421006_Kata_Pengantar.pdf
Download (136kB)
4202421006_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
4202421006_BAB_I.pdf
Download (90kB)
4202421006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
4202421006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
4202421006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
4202421006_BAB_V.pdf
Download (61kB)
4202421006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (176kB)
4202421006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang, dengan hasil belajar yang masih tergolong rendah ditandai dengan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group (pretest-posttest) design. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakukan beda pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang terdiri dari 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 10,46 dengan standar deviasi 6,56 dan nilai rata- rata pretes kelas kontrol adalah 10,23 dengan standar deviasi 6,04. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar pada kelas eksperimen adalah 77,33 yang termasuk dalam kriteria aktif dan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar pada kelas kontrol adalah 52,66 yang termasuk dalam katergori cukup. Postes dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 75,23 dengan standar deviasi 9,03 dan kelas kontrol 62,13 dengan standar deviasi 8,06. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 7,401 dan ttabel 1,671 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang T.Α. 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem based learning; Gelombang bunyi; Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:28 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 06:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62787 |
