PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG

Sianturi, Lentiana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421006_Cover.pdf] Text
4202421006_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4202421006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4202421006_Abstrak.pdf] Text
4202421006_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4202421006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421006_Kata_Pengantar.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4202421006_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421006_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4202421006_BAB_I.pdf] Text
4202421006_BAB_I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4202421006_BAB_II.pdf] Text
4202421006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 4202421006_BAB_III.pdf] Text
4202421006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of 4202421006_BAB_IV.pdf] Text
4202421006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of 4202421006_BAB_V.pdf] Text
4202421006_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4202421006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4202421006_Lampiran.pdf] Text
4202421006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang, dengan hasil belajar yang masih tergolong rendah ditandai dengan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group (pretest-posttest) design. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakukan beda pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang terdiri dari 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 10,46 dengan standar deviasi 6,56 dan nilai rata- rata pretes kelas kontrol adalah 10,23 dengan standar deviasi 6,04. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar pada kelas eksperimen adalah 77,33 yang termasuk dalam kriteria aktif dan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar pada kelas kontrol adalah 52,66 yang termasuk dalam katergori cukup. Postes dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 75,23 dengan standar deviasi 9,03 dan kelas kontrol 62,13 dengan standar deviasi 8,06. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 7,401 dan ttabel 1,671 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang T.Α. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem based learning; Gelombang bunyi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:28
Last Modified: 25 Jun 2025 06:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62787

Actions (login required)

View Item
View Item