Nababan, Maria Floren Octaviany (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Dan Penyajian Makanan SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173142023_Cover.pdf
Download (241kB)
5173142023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (763kB)
5173142023_Kata_Pengantar.pdf
Download (360kB)
5173142023_Abstrak.pdf
Download (256kB)
5173142023_Daftar_Isi.pdf
Download (63kB)
5173142023_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
5173142023_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
5173142023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (354kB)
5173142023_BAB_I.pdf
Download (459kB)
5173142023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
5173142023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (999kB)
5173142023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (619kB)
5173142023_BAB_V.pdf
Download (239kB)
5173142023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (308kB)
5173142023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada pelajaran pengolahan dan penyajian makanan yang menggunakan media pembelajaran berbasis web. 2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point. 3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis
web terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental. Lokasi penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian bulan Oktober-Desember 2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Boga dengan jumlah 74 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara random kelas. Sampel penelitian ini adalah XI TB 2 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI TB 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Teknik analisis data secara deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada pelajaran pengolahan dan penyajian makanan yang menggunakan media berbasis web termasuk dalam kategori cenderung tinggi sebesar 81,58 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada pelajaran pengolahan dan penyajian makanan yang menggunakan media pembelajaran power point termasuk dalam
kategori cenderung cukup sebesar 61,11 persen. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran pengolahan dan penyajian
makanan dengan nilai thitung > ttabel (4,92 > 1,66), pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media pembelajaran berbasis web berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada pelajaran pengolahan dan penyajian makanan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berbasis Web; Pengolahan dan Penyajian Makanan; Media Pembelajaran; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:30 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 04:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62778 |
