Rambe, Dolly Nugraha (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SD NEGERI 100390 SIPIONGOT T.A. 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313073 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108313073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
108313073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108313073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
108313073 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313073 BAB I .pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
108313073 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
108313073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri 100390 Sipiongot T.A. 2012-2013. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SD Negeri 100390 Sipiongot. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 100390 Sipiongot tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 1 kelas yaitu 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata pengetahuan awal siswa tentang materi perubahan sifat benda sebesar 18,3 dan tidak seorangpun atau 0% siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Setelah dilakukan siklus I dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 64,2 dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebanyak 22 orang atau sebesar 73,3%. Karena jumlah siswa yang tuntas hanya 73,3% atau kurang dari 85% maka secara klasikal siswa masih belum berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga masih perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dari hasil postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda meningkat menjadi sebesar 78,3 dengan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 28 orang atau 93,3%. Karena jumlah siswa yang tuntas sebesar 93,3% atau lebih dari 85% maka secara klasikal siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga dianggap cukupu dan tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya.Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan selama 2 siklus disimpulkan bahwa bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri 100390 Sipiongot T.A. 2012-2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Ram m |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Sifat Benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6277 |