Siregar, Halimatusya'diah (2025) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Website Genially Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3202121001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Cover.pdf
Download (153kB)
![[thumbnail of 3202121001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 3202121001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Abstrak.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of 3202121001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Kata_Pengantar.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 3202121001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 3202121001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 3202121001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 3202121001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 3202121001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_BAB_I.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 3202121001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3202121001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3202121001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3202121001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_BAB_V.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 3202121001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (342kB)
![[thumbnail of 3202121001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3202121001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Desain dari research ini yakni quasi experiment design dengan Pretest- Posttest NonEquivalent Control Group Design. Subjek dari research ini terbagi dari dua kelas ialah satu kelas jadi kelas experiment serta satu kelas jadi kelas control. Metode pemilihan subjek research yang dipakai ialah sesudah mengetahui homogenitas setiap kelas, bila terdapat 2 kelas yang homogen maka sebagai sample. Namun bila lebih dari 2 kelas akan dilaksanakan teknik Random Sampling. Lalu
ada 2 kelas sebagai subjek research ialah kelas X-1 menjadi kelas kontrol serta kelas X-4 jadi kelas experiment. Proses pengumpulan data memakai metode tes, yakni pengumpulan data memakai tes awal (pre-test) serta tes akhir (post-test)
sesudah diberi treatment. Uji validitas instrumen dilaksanakan dengan expert judgment serta untuk instrument test hasil belajar ditambah dengan analisis butir
soal yakni mengukur Tingkat Kesukaran serta Daya Pembedanya. Sementara itu juga dilaksanakan uji validitas guna kelayakan media belajar oleh expert judgment. Uji reliabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-
Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang dipakai dalam menguji hipotesis yakni teknik uji t dengan satu ekor. Hasil research menjelaskan bahwasanya: (1) Terdapat pengaruh dengan dimanfaatkannya pembelajaran memakai media belajar
Website Genially. Hal ini bisa ditinjau dari hasil belajar murid yang didapatkan dari kelas experiment serta kelas control. (2) Perbandingan hasil belajar murid dengan
memakai media belajar Website Genially lebih unggul daripada memakai media belajar Powerpoint. Hal ini bisa ditinjau dari hasil uji t dengan satu ekor data hasil belajar murid yang menjelaskan bahwasanya t hitung yakni sebesar 7,054 lebih
besar daripada t tabel yang hanya sejumlah 1,994. Sementara itu rata-rata hasil belajar murid kelas experiment yang media belajar Website Genially yakni sejumlah 82,43. Lebih tinggi daripada kelas control dengan memakai media belajar
Powerpoint yang hanya sebesar 71,92.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Website Genially, Hasil Belajar, Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM1176 Social influence. Social pressure |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:42 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62711 |