Aulia, Annisa Khalika (2025) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Andragogi Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Sembiring Center Kota Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203171022_Cover.pdf
Download (104kB)
1203171022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (419kB)
1203171022_Kata_Pengantar.pdf
Download (634kB)
1203171022_Abstrak.pdf
Download (523kB)
1203171022_Daftar_Isi.pdf
Download (159kB)
1203171022_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
1203171022_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
1203171022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
1203171022_BAB_I.pdf
Download (355kB)
1203171022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (818kB)
1203171022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (763kB)
1203171022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203171022_BAB_V.pdf
Download (89kB)
1203171022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (168kB)
1203171022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran andragogi terhadap hasil belajar peserta didik di PKBM Sembiring Center Kota Binjai. Model pembelajaran andragogi dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar orang dewasa dengan memberikan kebebasan lebih dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam memahami materi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran andragogi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar program Paket C di PKBM Sembiring Center. Sampel penelitian berjumlah 35 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, yang terdiri dari pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran andragogi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi, analisis deskriptif, dan uji-t untuk mengukur signifikansi pengaruh pembelajaran andragogi terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh bersifat normal dan homogen, sehingga memenuhi syarat untuk dilakukan analisis lebih lanjut. Uji-t menunjukkan nilai t sebesar -19,406 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 33, yang sangat jauh dari nol, mengindikasikan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 (p < 0,05) menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀), yang menyatakan tidak ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest, ditolak secara statistik. Dengan kata lain, penerapan metode pembelajaran andragogi terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, metode pembelajaran andragogi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademik warga belajar di PKBM Sembiring Center.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran andragogi; Hasil belajar; Warga belajar |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:12 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 04:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62650 |
