Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Prezi Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Guru PKn Dan Hasil Belajar PKn Siswa Di SMP Negeri 29 Medan

Nainggolan, Tiurma Yuni Firli Kristi (2024) Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Prezi Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Guru PKn Dan Hasil Belajar PKn Siswa Di SMP Negeri 29 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203111037_Cover.pdf] Text
3203111037_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 3203111037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203111037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 3203111037_Abstrak.pdf] Text
3203111037_Abstrak.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 3203111037_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203111037_Kata_Pengantar.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 3203111037_Daftar_Isi.pdf] Text
3203111037_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 3203111037_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203111037_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 3203111037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203111037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 3203111037_BAB_I.pdf] Text
3203111037_BAB_I.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 3203111037_BAB_II.pdf] Text
3203111037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[thumbnail of 3203111037_BAB_III.pdf] Text
3203111037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of 3203111037_BAB_IV.pdf] Text
3203111037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[thumbnail of 3203111037_BAB_V.pdf] Text
3203111037_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 3203111037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203111037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 3203111037_Lampiran.pdf] Text
3203111037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan Prezi dapat meningkatkan literasi digital guru PKn dan hasil belajar PKn siswa di SMP Negeri 29 Medan. Populasi
penelitian ini mencakup seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Medan, dengan Kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII-3 menjadi kelas kontrol. Metode penelitian yang dipergunakan ialah kuantitatif dan quasi eksperimen, yang
bertujuan untuk menguji hubungan kausalitas antara media pembelajaran Prezi sebagai variabel di Kabupaten Deli Serdang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, yang kemudian dianalisis melalui uji instrumen, yaitu uji validitas untuk mengukur keabsahan angket dan uji reliabilitas untuk memastikan konsistensi data variabel penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan uji
deskriptif, uji normalitas, uji paired sample t-test, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Instrumen soal yang digunakan 20 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi. Skor pre-test kelas eskperimen adalah
47.00 dan kelas kontrol adalah 58.33. Dalam posttest kedua kelas mengalami peningkatan dimana kelas eksperimen menjadi 81.67 dan kelas kontrol 74.70. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa implementasi media pembelajaran menggunakan prezi memengaruhi literasi digital guru dengan
memanfaatkan prezi AI. Efek literasi digital guru ini terhadap hasil belajar siswa yaitu meningkatan keterlibatan siswa dan literasi digital yang dimiliki guru berkontribusi pada pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Prezi, Literasi Digital, Hasil Belajar PKn Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:53
Last Modified: 23 Jun 2025 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62646

Actions (login required)

View Item
View Item