Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VIII Di SMP N 40 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024”

Simatupang, Ray Dinho (2024) Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VIII Di SMP N 40 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024”. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203111049_Cover.pdf] Text
3203111049_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 3203111049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203111049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 3203111049_Abstrak.pdf] Text
3203111049_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 3203111049_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203111049_Kata_Pengantar.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 3203111049_Daftar_Isi.pdf] Text
3203111049_Daftar_Isi.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 3203111049_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203111049_Daftar_Gambar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 3203111049_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203111049_Daftar_Tabel.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 3203111049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203111049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 3203111049_BAB_I.pdf] Text
3203111049_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 3203111049_BAB_II.pdf] Text
3203111049_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 3203111049_BAB_III.pdf] Text
3203111049_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[thumbnail of 3203111049_BAB_IV.pdf] Text
3203111049_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203111049_BAB_V.pdf] Text
3203111049_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 3203111049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203111049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 3203111049_Lampiran.pdf] Text
3203111049_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 40 Medan. Penelitian ini termasuk ke dalam deskriptif kuantitatif dengan mengacu pada teknik
pengumpulan data meliputi observasi penyebaran angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah observasi secara langsung ke SMP Negeri 40 Medan dan menyebar angket dan dokumentasi dengan
siswa-siswi di SMP Negeri 40 Medan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Karl Pearson dengan bantuan computer SPSS ( statistical product and service solution). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 242 siswa terdiri dari 8 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah 5% dari jumlah siswa kelas VIII (242) yaitu sebanyak 24 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi dan dokumentasi. Pengolahan
data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya sebesar 17,38% Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 40 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan r hitung lebih besar dari rtabel atau 0,417>0,404 sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan, dimana rtabel pada n= 24 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,404. Hasil penelitian dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung sebesar 3,361 dan ttabel sebesar 2,074 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (24 –2= 22), sehingga thitung> ttabel(3,361>2,074). Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan ada Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 40 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh Pendampingan, Orang Tua, Prestasi Belajar PPKn
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:46
Last Modified: 20 Jun 2025 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62631

Actions (login required)

View Item
View Item