Tasliyah, Qori (2024) Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila Untuk Menanamkan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 28 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3201111009_Cover.pdf
Download (41kB)
3201111009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (431kB)
3201111009_Abstrak.pdf
Download (228kB)
3201111009_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
3201111009_Daftar_Isi.pdf
Download (254kB)
3201111009_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
3201111009_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
3201111009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (228kB)
3201111009_BAB_I.pdf
Download (729kB)
3201111009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3201111009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (452kB)
3201111009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
3201111009_BAB_V.pdf
Download (393kB)
3201111009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (470kB)
3201111009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila dalam menanamkan karakter peserta didik di SMP Negeri 28 Medan. Karakter didefinisikan sebagai nilai dan sifat yang tertanam dalam diri seseorang dan tercermin melalui tindakannya. Projek Profil Pelajar Pancasila merupakan inisiatif yang menggunakan paradigma baru pembelajaran berbasis projek untuk mencapai profil pelajar yang diharapkan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, guru penggerak, guru PKn, dan peserta didik sebagai informan. Studi literatur juga digunakan untuk memperkuat hasil melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila efektif dalam menanamkan
karakter peserta didik. Mengacu pada Teori Pembentukan Karakter Thomas Lickona, teridentifikasi tiga komponen utama: Pengetahuan Moral (nilai mandiri dan berpikir kritis), Perasaan Moral (beriman bertakwa dan berkebhinekaan
global), dan Tindakan Moral (bergotong royong dan kreatif). Hal ini terbukti dalam kegiatan pemilihan ketua OSIS, di mana peserta didik mendemonstrasikan keenam elemen Profil Pelajar Pancasila melalui berbagai aktivitas seperti doa
bersama, partisipasi aktif dalam pemilihan, kolaborasi antar kelas, sikap nondiskriminatif, analisis kritis terhadap visi-misi kandidat, serta kreativitas dalam pembuatan media kampanye.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Projek Profil Pelajar Pancasila, Karakter, Implementasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:42 |
| Last Modified: | 20 Jun 2025 07:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62629 |
