Fadillah, Rifandy (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Persiapan Padang Tualang. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173351037_Cover.pdf
Download (109kB)
5173351037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (739kB)
5173351037_Kata_Pengantar.pdf
Download (983kB)
5173351037_Abstrak.pdf
Download (972kB)
5173351037_Daftar_Isi.pdf
Download (192kB)
5173351037_Daftar_Tabel.pdf
Download (95kB)
5173351037_Daftar_Gambar.pdf
Download (93kB)
5173351037_Daftar_Lampiran.pdf
Download (94kB)
5173351037_BAB_I.pdf
Download (292kB)
5173351037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (677kB)
5173351037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173351037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5173351037_BAB_V.pdf
Download (905kB)
5173351037_Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (905kB)
5173351037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran dan rendahnya pemahaman kemampuan siswa terhadap materi yang diberikan guru dikarenakan kurang efektifnya pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan media pembelajaran interaktif dan keefektifan media pembelajaran melalui hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Persiapan Padang Tualang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Dimana tahapannya ada 5 yaitu Analysis (Analisis) ,Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), and Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain. Media yang dikembangkan juga diujicoba kepada 12 siswa kelas X SMK Persiapan Padang Tualang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar yang telah dikembangkan; (2) Kelayakan telah teruji dengan baik dari segi materi, dan segi media maupun penggunaan dengan kategori “Sangat Layak” pada masing-masing tahap pengujian. Hasil pengujian validasi ahli: (1) Hasil validasi Ahli Materi 4,26 dapat dinyatakan “Sangat Layak”. (2) Hasil validasi Ahli Media 4,3 dapat dinyatakan “Sangat Layak”. (3) Hasil uji coba N-Gain menunjukkan 79,21% masuk dalam kategori “Efektif”. (4) Dan juga Persentase keefektifan 78,17% dengan rata-rata hasil N-Gain 0,78 kategori “ Tinggi ” produk tersebut dikatakan efektif untuk digunakan. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline sangat layak digunakan dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Persiapan Padang Tualang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Belajar, Media Pembelajaran, Web, Articulate Storyline |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:52 |
| Last Modified: | 20 Jun 2025 08:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62620 |
