Gulo, Donna Jesika (2024) Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA SWASTA GAJAH MADA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3203311025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Cover.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 3203311025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (650kB)
![[thumbnail of 3203311025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Abstrak.pdf
Download (407kB)
![[thumbnail of 3203311025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Kata_Pengantar.pdf
Download (490kB)
![[thumbnail of 3203311025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Daftar_Isi.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 3203311025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 3203311025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Daftar_Tabel.pdf
Download (308kB)
![[thumbnail of 3203311025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 3203311025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_BAB_I.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of 3203311025_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (876kB)
![[thumbnail of 3203311025_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (806kB)
![[thumbnail of 3203311025_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3203311025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_BAB_V.pdf
Download (345kB)
![[thumbnail of 3203311025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (454kB)
![[thumbnail of 3203311025_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203311025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam mengelola waktu belajarnya dengan baik dan teratur hal ini disebabkan karena siswa belum mempunyai jadwal sebagai acuan dalam berkegiatan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengukur bagaimana pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Swasta Gajah Mada. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Dengan metode penelitian kuantitatif, variabel independen penelitian ini adalah manajemen waktu belajar,
dan variabel dependen penelitian ini adalah hasil belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Swasta Gajah Mada yang berjumlah 39 siswa dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total
sampling, dimana seluruh anggota populasi termasuk sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa manajemen waktu belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas pada mata pelajaran PPKn SMAS Gajah Mada Medan yaitu diperoleh thitung sebesar 16,421 dan ttabel
sebesar 1,687 atau 16,421 > 1,687 dan nilai signifikan manajemen waktu belajar 0,000 < 0,05 (H0 ditolak dan H1 diterima). Hal ini dapat dilihat dari data uji regresi
sederhana pada tingkat sig. Didapati bahwa nilai sig variabel manajemen waktu belajar adalah 0,000 sesuai dengan ketentuan yang dipakai jika signifikansi rhitung >
α =0,5 maka H0 diterima. Karena nilai sig, (rhitung ) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 maka Hα diterima maka dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen waktu belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PPKn di SMAS Gajah Mada Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Waktu, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:20 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62585 |