Naibaho, Dolores Angelina (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Siswa Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193311012_Cover.pdf
Download (256kB)
3193311012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
3193311012_Abstrak.pdf
Download (366kB)
3193311012_Kata_Pengantar.pdf
Download (460kB)
3193311012_Daftar_Isi.pdf
Download (265kB)
3193311012_Daftar_Gambar.pdf
Download (237kB)
3193311012_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
3193311012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
3193311012_BAB_I.pdf
Download (644kB)
3193311012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3193311012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (847kB)
3193311012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3193311012_BAB_V.pdf
Download (399kB)
3193311012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (622kB)
3193311012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui peningkatkan Hasil Belajar siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PPKn di Jalan Kapten M. Jamil Lubis. Adapun yang menjadi sasaran
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Objek penelitian adalah proses dan hasil belajar PKn.
Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 80% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Langkah model pembelajaran Problem Based Learning yaitu (1)
memberikan motivasi; (2) pembagian kelompok; (3) menjelaskan tujuan pembelajaran; (4) mengorientasi siswa pada masalah; (5) mengorganisasi siswa untuk belajar; dan (6) membantu penyelidikan mandiri/kelompok; (7) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya; (8) menganalisis dan
mengevaluasi pemecahan masalah; (9) merangkum materi; (10) melaksanakan evaluasi. Ketuntasan belajar pra tindakan 43.75%, siklus I ketuntasan meningkat menjadi 68.75%, siklus II meningkat menjadi 100%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar PPKn, Penelitian Tindakan Kelas. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:14 |
| Last Modified: | 20 Jun 2025 02:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62584 |
