Putri, Suci Rahmania (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN 060954 KEC. MEDAN MARELAN T. A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111071 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
1113111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
1113111071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
1113111071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
1113111071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
1113111071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1113111071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1113111071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1113111071 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
1113111071 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
1113111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran Pkn materi Globalisasi. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Globalisasidengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered HeadsTogether (NHT) di kelas IV SDN 060954 Kec. Medan Marelan T.A 2014-2015.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah seluruh siswa di kelas IV SDN 060954 Kec. Medan Marelan yangberjumlah 40 siswa dengan jumlah 26 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah tes dan observasi.Berdasarkan analisis data, ternyata pada saat pre test dari 40 orang siswadiperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 6 orang siswa (15,00%) mendapat nilaituntas, dan sebanyak 34 orang siswa (85,00%) mendapat nilai belum tuntasdengan nilai rata-rata 45,38. Pada siklus I terdapat sebanyak 22 orang siswa(55,00%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 18 orang siswa (45,00%) mendapatnilai belum tuntas dengan rata-rata nilai 66,00. Pada siklus II diperoleh tingkatketuntasan sebanyak 36 orang siswa (90,00%) yang mendapat nilai tuntas, dansebanyak 4 orang siswa ((10,00%) yang mendapat nilai belum tuntas dengan nilairata-rata 81,00.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelcooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi di kelas IV SDN060954 Kec. Medan Marelan T. A 2014-2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Put m |
Keywords: | Hakekat Belajar; Kooperatif Learning; NHT; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6258 |