Manurung, Anna Maudina (2024) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Good Citizen Di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan”. Undergraduate thesis, UNIMED.
3202111005_Cover.pdf
Download (188kB)
3202111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (579kB)
3202111005_Abstrak.pdf
Download (285kB)
3202111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (292kB)
3202111005_Daftar_Isi.pdf
Download (286kB)
3202111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (250kB)
3202111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (187kB)
3202111005_BAB_I.pdf
Download (583kB)
3202111005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (793kB)
3202111005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (831kB)
3202111005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3202111005_BAB_V.pdf
Download (333kB)
3202111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (368kB)
3202111005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Kurikulum Merdeka yang diterapkan guru dalam membentuk good citizen siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods, jenis penelitian deskriptif korelasi, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket/kuisioner. Pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 350 siswa serta yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari jumlah siswa kelas VIII yaitu sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Kemudian dilakukan analisis data berdasarkan data variabel x dan y dengan hipotesis jika thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, sebaliknya jika thitung lebih kecil dari ttabel maka hipotesis kerja (Ha) ditolak dan (Ho) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis menggunakan
rumus korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,574 lebih besar dari nilai rtabel sebesar 0,270 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) =
n-2 (53-2 = 51) maka diperoleh ttabel = 0,270, menunjukkan hasil korelasi dalam tingkat sedang. Kemudian hasil uji ”t” diperoleh nilai thitung = 5,003 dengan nilai ttabel = 2,007 karena thitung ˃ ttabel (5,003 ˃ 2,007), sehingga kesimpulan yang diperoleh yaitu Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data determinasi menunjukkan kontribusi pengaruh antara variabel x dan y sebesar 33% sedangkan
67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini telah membuktikan bahwa ada pengaruh implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis
Kurikulum Merdeka dalam membentuk good citizen di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan dapat diterima. Sehingga implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Kurikulum Merdeka berpengaruh dan dapat membentuk civic disposition sebagai kompetensi karakter dari good citizen di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi, Pendidikan Pancasila, Kurikulum Merdeka, Good Citizen |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:26 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 08:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62562 |
