Harahap, Syaipuddin Zuhdi (2024) Efektivitas Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Teknik Pemesinan CNC Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5173121029_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Cover.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 5173121029_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (654kB)
![[thumbnail of 5173121029_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Kata_Pengantar.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 5173121029_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Abstrak.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 5173121029_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 5173121029_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Daftar_Tabel.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 5173121029_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Daftar_Gambar.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 5173121029_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 5173121029_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_BAB_I.pdf
Download (510kB)
![[thumbnail of 5173121029_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (732kB)
![[thumbnail of 5173121029_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (617kB)
![[thumbnail of 5173121029_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173121029_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_BAB_V.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 5173121029_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 5173121029_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173121029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran remedial mata pelajaran teknik pemesinan cnc di kelas XI SMK Swasta Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode mix method yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan nyata tentang bagaimana mana efektivitas pembelajaran remedial mata pelajaran teknik pemesinan cnc pada siswa kelas XI SMK Swasta Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
Smk Swasta Medan adapun SMK Swasta dalam penelitian ini adalah SMK Swasta Dwiwarna dan SMK Swasta Multi Karya Medan. Adapun untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran remedial sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket dengan Skala Likert. Uji validitas angket yaitu Uji validitass dilakukan pada efektivitas pembelajaran remedial dan respon siswa terhadap pembelajaran remedial. Langkah validitas instrument dimulai dari pembuatan kisi-kisi instrument. Setiap item pertanyaan akan diuji dan diperiksa oleh para ahli (Judgement Expert). Cara ini dilakukan dengan meminta para ahli untuk memeriksa dan mengevaluasi instrument. Penelitian ini menggunakan Mix Method yaitu dengan menggabungkan metode Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran remedial di SMK Dwiwarna dan SMK Multi Karya memiliki kesamaan dan dilakukan dengan terstruktur berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi mengetakan
“Pembelajaran remedial itu perlu dilakukan untuk membantu siswa yang belum tuntas”. Adapun efektivitas pembelajaran remedial berdasarkan angket dan dokumentasi didapatkan uji N-Gain skor adalah = 0,41. Berdasarkan hasil mean N-Gain skor tersebut dapat dikategorikan pada kategori sedang. Pembelajaran sebelum remedial yaitu didapatkan hasil kategori Sangat tidak efektif dengan keterangan hasil jawaban responden < 28. Sesudah pembelajaran remedial
didapatkan hasil terdapat pada kategori Sangat efektif dengan keterangan hasil jawaban responden > 54 - 64. Uji beda berpasangan didapatkan hasil yaitu µB lebih besar dari -3,23 dan lebih kecil dari 25. Respon siswa terhadap pembelajaran remedial pada mayoritas hasil jawaban responden terdapat pada kategori Sangat Baik pada keterangan > 48,75 – 60.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas pembelajaran; Pembelajaran remedial; Teknik Pemesinan CNC |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 05:32 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62545 |